Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 Format Excel Revisi 2023

Posted on

Tujuh Media – Pembahasan mengenai Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 Format Excel Revisi 2023 bisa Anda ketahui pada artikel ini.

Tujuh Media – Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 Format Revisi 2022 dibuat oleh Guru sebagai media pengumpulan data ketika penilaian dilaksanakan untuk dianalisa lebih lanjut guna mengetahui kemampuan setiap peserta didik pada setiap aspek (spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan).

Penilaian Siswa adalah proses penting dalam pengaturan pendidikan di semua jenjang. Hal ini memungkinkan Guru untuk mengidentifikasi kemampuan setiap siswa yang membutuhkan perbaikan dan untuk memberi mereka instruksi dan dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Tujuan penilaian siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah untuk memberikan umpan balik kepada guru tentang kemajuan siswa dan membantu guru menyesuaikan pengalaman belajar untuk memenuhi kebutuhan siswa. 

Penilaian siswa dalam kegiatan pembelajaran berupa pengumpulan data tentang kemajuan siswa secara langsung atau tidak langsung, menganalisisnya, dan mengkaji hasil pembelajaran.

Namun sebelum itu Guru harus terlebih dahulu memahami apa yang harus dicapai peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan. Setelah itu barulah konsep penilaian siswa dapat dilakukan dengan benar.

Contoh daftar nilai siswa yang akan saya bagikan di sini dapat digunakan untuk mengevaluasi kemajuan siswa dan mengidentifikasi area mana saja yang membutuhkan bantuan lebih lanjut menggunakan sistem penilaian. Sistem ini dapat berdasarkan 4 aspek penilaian, antara lain:

a. KI-1: kompetensi inti sikap spiritual.

b. KI-2: kompetensi inti sikap sosial.

c. KI-3: kompetensi inti pengetahuan.

d. KI-4: kompetensi inti keterampilan.

Tabel Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013

Jika belum mengetahui seperti apa format dari tabel daftar nilai siswa, Anda dapat mengetahuinya melalui beberapa gambar dan penjelasan di bawah ini:

1. Daftar Nilai Capaian Kompetensi Sikap

DAFTAR NILAI CAPAIAN KOMPETENSI SIKAP

Keterangan:

  • Sangat Baik: apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
  • Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
  • Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
  • Kurang : apabila memperoleh skor: skor ≤ 1,33

2. Daftar Nilai Siswa Capaian Kompetensi Pengetahuan

DAFTAR NILAI CAPAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

Keterangan:

  • NP : Nilai Proses
  • NUTS : Nilai Ulangan Tengah Semester
  • NUAS :nilai Ulangan Akhir Semester
  • NR : Nilai Rapor

3. Daftar Nilai Capaian Kompetensi Keterampilan

Format Nilai Capaian Kompetensi Keterampilan

4. Daftar Nilai Capaian Kompetensi Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

Format Nilai Capaian Kompetensi Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

5. Daftar Setor Nilai Capaian Kompetensi, Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

Daftar Nilai Capaian Kompetensi, Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

Download Daftar Nilai Siswa Excel

Dari ke 5 tabel penilaian siswa (Nilai Capaian Kompetensi Sikap, Capaian Kompetensi Pengetahuan, Capaian Kompetensi Keterampilan, Capaian Kompetensi Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap, Daftar Setor Nilai) di atas tadi, Anda dapat mengunduhnya hanya dalam 1 format file saja. Di sini saya berikan 2 contoh format sebagai alternatif :

Pada dasarnya Guru dapat membuat format daftar nilai siswa secara mandiri, namun tidak ada salahnya kalau saya menyediakan download daftar nilai siswa SD excel ini untuk membantu semua rekan Guru supaya tidak perlu membuatnya dari awal.

Contoh daftar nilai siswa excel tersebut dapat diedit dan disesuaikan dengan kebutuhan di tempat sekolah Anda mengajar.

Perbaikan dan dukungan terhadap siswa yang tidak beruntung perlu dilakukan oleh guru untuk meningkatkan prestasi belajar di kelas. Namun, guru harus bersikap hati-hati dalam melakukan hal tersebut. Karena, tidak semua siswa yang membutuhkan perbaikan, ada yang hanya kurang motivasi. Oleh karena itu dalam hal ini Guru perlu memahami karakteristik setiap siswa untuk dapat mengambil tindakan yang tepat.

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2

Daftar Nilai Siswa SD yang dapat digunakan juga untuk jenjang SMP dan SMA Kurikulum 2013 ini bisa menjadi salah satu pendukung perangkat pembelajaran K13 berikut:

Kegiatan pengelolaan nilai biasanya dilakukan setelah Guru memberikan tes melalui pemberian soal ulangan harian atau ujian sekolah lainnya seperti PH, PTS, PAS, dan PAT, maka untuk membuat/menyusun soal Guru harus memiliki Kartu Soal supaya dapat dilakukan dengan mudah.

Penutup

Penilaian siswa adalah penilaian untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Penilaian siswa dilakukan berkala untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar siswa dalam memahami materi yang telah dipelajarinya. Penilaian ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara, yaitu: penilaian cetak (printable), penilaian tambahan, penilaian pekerjaan rumah, dan penilaian portofolio.

Penilaian cetak (printable): Penilaian ini merupakan penilaian yang dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa yang ditulis, dicetak, dan di terima kembali oleh guru.

Penilaian tambahan: Penilaian tambahan terdiri dari tes tertulis, ujian praktek, dan tes lisan.

Penilaian pekerjaan rumah: Penilaian pekerjaan rumah merupakan penilaian yang dilakukan dengan memberikan kepada siswa tugas kelompok untuk menyelesaikan tugas.

Semua nilai yang didapatkan dari berbagai jenis penilaian tersebut dapat Guru kumpulkan pada Format nilai siswa excel yang sudah saya bagikan tadi untuk dianalisa lebih jauh lagi.

Itulah informasi tentang Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013 Format Excel Revisi 2023, mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *