Jurnal Harian Guru Kelas 1 Semester 1 dan 2 Revisi 2023

Posted on

Tujuh Media – Informasi tentang Jurnal Harian Guru Kelas 1 Semester 1 dan 2 Revisi 2023 bisa Anda dapatkan pada artikel ini.

Tujuh Media – Contoh Format Jurnal Harian Guru Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2022 digunakan sebagai alat bantu dalam menyediakan ruang untuk refleksi, dokumentasi, dan komunikasi. Ini dapat digunakan juga sebagai alat untuk membantu siswa memahami proses belajar mereka, melacak kemajuan para peserta didik dan merupakan salah satu komponen perangkat pembelajaran kelas 1.

Perlu ditegaskan bahwa Buku Catatan Harian Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 dikembangkan sebagai alat untuk menganalisis bagaimana kompetensi siswa berkembang, khususnya dalam hal:

  1. Pengetahuan
  2. Keterampilan
  3. Sikap

Salah satu variasi dari prosedur pencapaian adalah menggabungkan tiga item yang tercantum di atas. Oleh karena itu, staf pengajar diharapkan mampu membangun lingkungan pendidikan yang penuh dengan potensi kreatif dan memperbaikinya dengan meningkatkan pengalaman mengajar mereka sendiri. Menyelenggarakan kegiatan yang relevan dan disesuaikan dengan potensi masing-masing anak di sekolah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya.

Peran Jurnal Harian Guru Kelas 1

Dalam setiap pelaksanaan kegiatan pembelajaran, buku harian K13 Kelas 1 SD semester 1 dan 2 merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari administrasi guru dan tidak dapat dipisahkan dari materi pembelajaran. Isi Mata Pelajaran KD, serta Indikator Pencapaian Kompetensi, semuanya disajikan disini sebagai tema dan subtema.

Selain dapat dimanfaatkan secara langsung oleh pengajar, contoh buku catatan harian Guru Kelas 1 ini dapat digunakan sebagai panduan dalam membuat file sejenis, dengan mengikuti format kolom tabel termasuk data-data tertentu sebagai berikut:

Lihat Juga :  Soal PTS Kelas 3 Semester 2 Tahun 2023 & Kunci Jawaban
  • Isi Kolom Hari dan tanggal;
  • Isi Komponen Kolom Tema;
  • Isi Komponen Kolom Sub Tema;
  • Isi Komponen Kolom Pembelajaran ( PB ) Ke …;
  • Isi Kolom Kompetensi Dasar;
  • Isi Kolom Materi Pokok;
  • Isi Kolom Kegiatan Pembelajaran;
  • Isi Kolom Penilaian Pembelajaran;

Bukan hal yang aneh jika jurnal harian guru SD K13 menjadi agenda catatan khusus bagi setiap staf pengajar, berisi sejauh mana proses pengajaran telah selesai (hasil proses belajar mengajar), dan agenda ini harus dibawa untuk diisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Secara umum, agenda harian guru K13 Kelas 1 adalah tugas harian staf pengajar, khususnya guru kelas Sekolah Dasar, yang mengisi jurnal setiap hari dari awal hingga akhir kegiatan belajar mengajar di kelas.

Seperti biasa, agenda harian guru kurikulum 2013 untuk kelas 1 SD/MI mencatat semua materi yang harus diberikan kepada siswa yang sudah terdaftar dalam agenda sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, seperti berdasarkan kalender pendidikan, dan dengan demikian digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan tanggung jawabnya, khususnya dalam bidang pengajaran, pencatatan, dan pelaporan.

Unduh Jurnal Harian Guru Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Sebenarnya jurnal harian Guru kelas 1 dapat Anda buat sendiri, tetapi guna menghemat waktu tidak ada salahnya kalau saya sediakan contoh format yang sudah jadi supaya nanti Anda hanya perlu mengeditnya saja. Kebetulan Format yang disediakan ini tersimpan dalam bentuk .docx, jadi akan mudah diedit menggunakan Microsoft Word. Silahkan download file jurnalnya melalui tautan unduhan pada tabel di bawah ini :

Jurnal Harian Guru Kelas 1 Semester 1

Jurnal Harian tema 1 Kelas 1Download
Jurnal Harian tema 2 Kelas 1Download
Jurnal Harian tema 3 Kelas 1Download
Jurnal Harian tema 4 Kelas 1Download

Jurnal Harian Guru Kelas 1 Semester 2

Jurnal Harian tema 5 Kelas 1Download
Jurnal Harian tema 6 Kelas 1Download
Jurnal Harian tema 7 Kelas 1Download
Jurnal Harian tema 8 Kelas 1Download

Kesimpulan

  • Jurnal harian guru kelas I SD K13 merupakan agenda catatan khusus bagi setiap staf pengajar, yang memuat sejauh mana proses pengajaran telah selesai (hasil proses belajar mengajar), dan mana yang harus diselesaikan.
  • Guru kelas 1 harus mengisi jurnal setiap hari dari awal hingga akhir kegiatan belajar mengajar di kelas.
  • Agenda harian guru kurikulum 2013 kelas 1 SD/MI mencatat semua materi yang harus diberikan kepada siswa yang telah terdaftar dalam agenda sesuai waktu yang telah ditentukan, seperti berdasarkan kalender pendidikan, dan dengan demikian digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan tanggung jawabnya.
Lihat Juga :  RPP Kelas 2 Tema 7 Semester 2 Tahun 2022

Demikian informasi tentang Jurnal Harian Guru Kelas 1 Semester 1 dan 2 Revisi 2023, mudah-mudahan bisa memenuhi keperluan informasi yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *