KKM Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022

Posted on

Tujuh Media – Pada kesempatan ini KKM Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022 bisa Anda ketahui pada artikel ini.

Tujuh Media – Wokeh! Saya awali dengan berbagi KKM Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022 untuk membantu semua rekan Guru dalam melengkapi perangkat pembelajaran K13 kelas 1 secara lengkap.

KKM K13 Kelas 1 SD adalah standar untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Kriteria KKM harus dapat mengukur tingkat ketuntasan peserta didik secara valid dan tidak subjektif yang dapat diukur. Kriteria ini tidak boleh berisi hal-hal yang nantinya dapat menyebabkan peserta didik mengalami kecemasan.

KKM Kelas 1 perlu menggambarkan tingkat ketuntasan peserta didik yang dapat diukur secara valid dan tidak subjektif. Ketuntasan minimal atau kriteria kemajuan minimal (KKM) adalah standar untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Kriteria KKM harus dapat mengukur tingkat ketuntasan peserta didik secara valid dan tidak subjektif yang dapat diukur.

Banyak guru yang masih pura-pura tidak peduli mengenai hal tersebut. Padahal, menurut hasil riset yang dilakukan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), keberhasilan belajar siswa ditentukan oleh kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh guru.

Apa itu KKM ?

KKM singkatan dari Ketuntasan Kriteria Minimal yang merupakan standar untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. KKM memiliki arah belajar, yaitu arah yang dirumuskan berdasarkan hasil belajar yang harus dicapai peserta didik atau objektif program.

KKM Kelas 1 SD Kurikulum 2013 mengandung elemen-elemen yang memiliki hubungan yang jelas terhadap tujuan dasar pendidikan di sekolah. KKM merupakan struktur yang dapat digunakan sebagai alat perencanaan dan evaluasi, dan dapat digunakan sebagai petunjuk bagi guru-guru dalam pembagian tugas dan fungsi dalam proses belajar mengajar.

Lihat Juga :  Prota Kelas 4 Kurikulum 2013 Tahun 2022

Kriteria keberhasilan minimal sesuai dengan KKM SD Kelas 1 merupakan standar untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. KKM ini juga merupakan pedoman yang digunakan untuk mengukur keberhasilan murid dalam mencapai standar kompetensi minimal yang telah ditetapkan.

Pengajar kelas 1 membuat KKM Kurikulum 2013 setiap awal tahun ajaran. KKM ditentukan oleh guru berdasarkan tiga faktor signifikan dari berbagai disiplin ilmu. Misalnya, kemampuan siswa (Intake), daya dukung sekolah, dan kompleksitas materi pelajaran. Guru kemudian akan memberikan skor antara 0 dan 100 berdasarkan ketiga faktor tersebut. Nilai rata-rata setiap kompetensi dasar dan indikator kemudian dihitung.

Fungsi KKM Kelas 1

KKM berfungsi sebagai kesepakatan pedagogis antara guru dan siswa, serta antara unit pengajaran dan masyarakat.

Untuk mencapai nailai KKM Kurikulum 2013 Kelas 1 SD, Guru butuh melakukan pendekatan kolaboratif antara pelaku pendidikan seperti Guru dan Siswa serta Pimpinan Unit Guru dengan Orang Tua.

Orang tua dapat membantu anak-anak mereka dengan memotivasi dan mendukung secara penuh kepada anaknya sebagai siswa untuk berpartisipasi dalam belajar. Sementara itu, pimpinan unit guru berupaya memenuhi sebanyak mungkin tuntutan untuk membantu pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi di sekolah.

Salah satu langkah dalam mencapai KKM kelas 1, sebaiknya Guru membuat sebuah penilaian yang sangat efisien dalam proses pembelajaran. Begitupun dengan siswa harus bekerja keras untuk mencapai KKM dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah dirancang guru.

Download KKM Kelas 1

Jika anda membutuhkan contoh KKM SD Kurikulum 2013, silahkan download saha melalui link unduhan yang ada pada tabel berikut ini :

Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas 1 Semester 1 dan 2Unduh
SampulUnduh

Kriteria Ketuntasan Minimal bisa disusun oleh Guru tetapi harus mengetahui panduan dalam pembuatannya. Bagaimana cara menyusun KKM ? Berikut ini penjelasan setiap poinnya!

Lihat Juga :  Silabus Kelas 2 Semester 1 Tahun 2023

Langkah-langkah menyusun KKM

  • Pahami Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.
  • Secara umum KKM dibuat atau disusun setiap awal tahun ajaran.
  • Forum MGMP (Konferensi Guru Mata Pelajaran) sekolah memiliki peran untuk menentukan KKM.
  • Nilai KKM dinyatakan sebagai rangkaian bilangan bulat mulai dari 0 hingga 100.
  • Nilai maksimal ketuntasan belajar adalah 100.
  • Sekolah memiliki pilihan untuk menurunkan KKM di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal.
  • Nilai KKM Kelas 1 SD wajib dicantumkan dalam LHBS (Laporan Hasil Belajar Siswa)

Rekomendasi KKM Kelas lain:

Kesimpulan

  • KKM mengandung elemen-elemen yang memiliki hubungan yang jelas terhadap tujuan dasar pendidikan di sekolah.
  • KKM merupakan struktur yang dapat digunakan sebagai alat perencanaan dan evaluasi.
  • Sebagai kesepakatan pedagogis antara guru dan siswa, serta antara unit pengajaran dan masyarakat.

Dicukupkan sekian dulu pembahasan mengenai KKM Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022, mudah-mudahan bisa menjawab kebutuhan info yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *