KKM Kelas 3 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022

Posted on

Tujuh Media – Informasi tentang KKM Kelas 3 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022 dapat Anda temukan pada artikel ini.

Tujuh Media – Pada halaman ini, KKM Kelas 3 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022 akan saya bagikan kepada Anda semua terutama Guru kelas 3 yang sedang membutuhkan info mengenai KKM dan contoh formatnya.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap peserta didik sebelum melakukan ujian. KKM ini diperoleh dari pengukuran dari kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap peserta didik.

Kriteria ini disusun dalam bentuk butir soal, yang merupakan butir soal dari setiap mata pelajaran yang diajarkan. Kriteria ini dipakai sebagai salah satu dari beberapa kriteria untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik.

KKM dapat digunakan sebagai kriteria dalam menentukan tingkat ketuntasan peserta didik dan dapat digunakan sebagai syarat untuk mengikuti ujian. Guru dapat membuat KKM dengan mengetahui kebijakan-kebijakan yang harus diterapkan, silahkan lihat pada Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

Pengertian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Kriteria keberhasilan minimal (KKM) merupakan standar untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mewujudkan KKM yang ditetapkan, guru harus memahami tujuan pembelajaran, mampu mengembangkan situasi belajar, dan menyesuaikan metode dan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan KKM.

Kriteria keberhasilan minimal (KKM) merupakan standar yang dirumuskan oleh guru sejak awal masuk ke dalam kelas dan disepakati oleh guru dan para siswa. KKM yang ditetapkan dalam kegiatan belajar mengajar harus mengacu pada tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Lihat Juga :  RPP Kelas 5 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023

Kriteria keberhasilan minimal (KKM) yang ditetapkan guru harus mengacu pada apa yang diharapkan dari seorang siswa, bukan apa yang mungkin didapatkan siswa.

Peran dan Fungsi KKM Kelas 3

Dari tadi kita membahas tentang apa arti dari Kriteria ketuntasan Minimal atau sering disingkat dengan KKM. Sedangkan untuk fungsinya mungkin saja ada di antara Bapak dan Ibu Guru belum tahu secara detail. Nah, berikut ini fungsi dari Kriteria Ketuntasan Minimal :

  • Keterampilan dasar dari tema-tema utama yang diikuti anak-anak sebagai acuan bagi guru kelas 3 untuk menilai bakat.
  • Sebagai panduan untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ujian akademik.
  • Guru menentukan nilai KKM Kelas 3 SD untuk setiap kompetensi dasar (KD) berdasarkan desain indikator untuk setiap mata pelajaran.
  • Ini bisa bermanfaat sebagai bagian dari komponen untuk mengevaluasi program pembelajaran berbasis sekolah.
  • KKM berfungsi sebagai kesepakatan pedagogis antara guru dan siswa, serta antara unit pengajaran dan masyarakat.

Guru dan Siswa memiliki kesepakatan secara pedagogis. Pedagogi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana membimbing anak, bagaimana seharusnya pendidik berinteraksi dengan peserta didik, apa tanggung jawab pendidik di dalam kelas, dan apa tujuan pendidikan.

Pendekatan secara kolaboratif antara Guru, siswa, Pimpinat Unit Sekolah dan Orang Tua sangat diperlukan untuk mencapai Nilai KKM SD Kelas 3.

Dalam hal ini, Orang Tua ikut berperan penting terhadap keberhasilan pencaipaian Nilai KKM. Tindakan yang dapat dilakukan misalnya seperti memberikan dukungan secara penuh dan memotivasi anaknya untuk semangat terus berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Disamping itu, pelaku pendidikan seperti Guru dan Pihak Pimpinan Sekolah dapat terus bekerja keras dalam membantu evaluasi pembelajaran.

Salah satu langkah dalam mencapai KKM Kelas 1, sebaiknya Guru membuat sebuah penilaian yang sangat efisien dalam proses pembelajaran.

Lihat Juga :  RPP Kelas 5 Tema 7 Semester 2 Tahun 2023

Begitupun dengan siswa harus bekerja keras untuk mencapai KKM dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah dirancang guru.

Pembuatan penilaian yang efisien dapat membantu dalam mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Siswa pun harus aktif dalam berpartisipasi dengan cara mengikuti pembelajaran dan menyelesaikan tugas-tugas yang dibuat oleh Guru.

Download KKM Kelas 3 dan Langkah Pembuatan

Di bagian bawah ini saya sediakan contoh KKM yang sudah jadi untuk membantu Anda dalam melengkapi perangkat pembelajaran kelas 3. Silahkan didownload saja filenya melalui tautan yang ada pada tabel berikut ini:

KKM Kelas 3 Semester 1 dan 2Unduh
SampulUnduh

Namun jika Anda berniat untuk membuatnya maka ada hal yang harus diketahui dalam tahapan pembuatannya.

Berikut ini langkah-langkah penyusunan KKM :

  • Susunlah KKM setiap awal tahun pelajaran.
  • Forum MGMP (Konferensi Guru Mata Pelajaran) Sekolah berperan penting dalam menentukan KKM.
  • Nilai KKM dinyatakan sebagai rangkaian bilangan bulat mulai dari 0 hingga 100.
  • Angka 100 dinyatakan sebagai nilai maksimal ketuntasan belajar.
  • Nilai ketuntasan belajar maksimal dapat diturunkan oleh pihak Sekolah.
  • Nilai KKM Kelas 3 SD harus dicantumkan pada Laporan Hasil Belajar Siswa.

Rekomendasi KKM Kelas lain:

Kesimpulan

  • Kriteria keberhasilan minimal (KKM) merupakan standar yang dirumuskan oleh guru sejak awal masuk ke dalam kelas dan disepakati oleh guru dan para siswa.
  • KKM diperoleh dari pengukuran dari kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap peserta didik.
  • KKM adalah kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap peserta didik sebelum melakukan ujian

Demikian pembahasan tentang KKM Kelas 3 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022, mudah-mudahan dapat menjawab kebutuhan informasi yang Anda butuhkan.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *