Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Tahun 2022

Posted on

Tujuh Media – Pada kesempatan ini Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Tahun 2022 dapat Anda temukan pada artikel ini.

Tujuh Media – Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2022 adalah konten yang terdiri dari pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa sebagai hasil partisipasi dalam pembelajaran dan merupakan salah satu bagian dari perangkat pembelajaran kelas 2.

Pemetaan kompetensi merupakan suatu konsep dalam pembelajaran yang diimplementasikan dalam bentuk penilaian. Pemetaan kompetensi dapat ditemukan pada berbagai jenis penilaian, seperti penilaian proyek, penilaian portofolio, penilaian akhir tahun dan penilaian kinerja.

Dalam hal ini pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari diharapkan akan menghasilkan kompetensi. Baik pengetahuan maupun keterampilan yang dilengkapi dengan kompetensi dapat dikatakan sebagai pemetaan kompetensi. Pemetaan kompetensi dapat menurunkan atau meningkatkan produktivitas kerja seseorang.

Pada pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Guru harus membuat dua jenis pemetaan KD: pemetaan KD 3 (pemetaan KD untuk pengetahuan) dan pemetaan KD 4 (pemetaan KD untuk kemampuan) (pemetaan KD untuk keterampilan). Pemetaan KD digunakan untuk membuat penilaian pengetahuan, sedangkan pemetaan KD 4 digunakan untuk membuat penilaian keterampilan.

Review Pemetaan KD

Pemetaan KD Kelas 2 Semester 1 dilakukan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh dan utuh dari seluruh standar kompetensi dan kompetensi dasar di sejumlah mata pelajaran terkait. Pemetaan dapat dilakukan dengan salah satu dari dua cara:

Cara pertama adalah menganalisis persyaratan kompetensi dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran, kemudian menemukan kompetensi dasar berbagai disiplin ilmu yang dapat diintegrasikan. Tentukan tema pemersatu setelah itu.

Cara kedua adalah menemukan keterampilan inti dari beberapa disiplin ilmu yang memenuhi tema saat ini sebelum menentukan tema kohesi yang mengikat. Ada kegiatan yang harus diselesaikan sebagai hasil dari dua pendekatan pemetaan yang digunakan, yaitu menentukan tema sebagai alat pemersatu atau wahana persyaratan kompetensi setiap mata pelajaran terpadu. Tema dapat dipilih oleh guru atau bekerja sama dengan siswa.

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi 2023

Dengan demikian, beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menentukan tema, antara lain:

  1. memperhatikan lingkungan terdekat siswa;
  2. mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit;
  3. dari sederhana ke kompleks; dari konkret ke abstrak;
  4. tema yang dipilih harus memungkinkan siswa untuk memikirkannya; dan
  5. tema yang dipilih harus memungkinkan siswa untuk memikirkannya.
  6. Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan pertumbuhan anak, serta minat, kebutuhan, dan bakat peserta didik.

Cakupan tema yang ditentukan tidak boleh terlalu luas atau terlalu sempit. Tema yang terlalu luas dapat dipecah lagi menjadi subtema atau subtema yang lebih khas dan konkrit. Tema atau subtema tersebut kemudian dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah topik.

Download Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2

Pemetaan kompetensi adalah suatu rancangan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan didukung oleh teknologi informasi, yang dapat digunakan untuk menilai hasil belajar siswa.

Hasil belajar siswa diukur melalui penilaian prestasi belajar yang ditujukan untuk mempertanggungjawabkan tingkat penguasaan kompetensi oleh siswa. Kompetensi adalah seperangkat kompetensi atau kompetensi dasar yang menunjukkan tingkat penguasaan suatu pengetahuan atau keterampilan.

Berhubung Kompetensi dasar merupakan kompetensi yang memadai untuk mengakses kompetensi lainnya dan harus dapat ditunjukkan secara eksplisit melalui pencapaian kompetensi dasar serta kompetensi berikutnya.

Maka dari itu, guna membantu Guru dalam melengkapi berkas yang penting ini saya akan bagikan format contoh pemetaan KD. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan di bawah berikut ini:

Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2Unduh File

Sebenarnya pemetaan KD dapat Anda lakukan sendiri, namun tidak ada salahnya kalau saya memberikan contoh formatnya untuk dijadikan sebagai referensi. Jika anda berkeinginan untuk membuatnya sendiri maka silahkan lengkapi informasi tentan Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti di situs Kemdikbud.

Lihat Juga :  Promes Kelas 5 Semester 1 Tahun 2022

Lihat juga:

Kesimpulan

  • Pemetaan KD bisa Anda temukan pada berbagai jenis penilaian, seperti penilaian proyek, penilaian portofolio, penilaian akhir tahun dan penilaian kinerja.
  • Pemetaan Kompetensi yang baik dapat meningkatkan kinerja pembelajaran.
  • Pemetaan KD harus dapat ditunjukkan secara eksplisit melalui pencapaian kompetensi dasar serta kompetensi berikutnya.

Demikian informasi tentang Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Tahun 2022, mudah-mudahan dapat menjawab kebutuhan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *