Pemetaan KD Revisi 2023 K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya Pemetaan KD Revisi 2023 K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 dapat Anda temukan pada artikel ini.

Tujuh Media – Pemetaan KD Revisi 2022 K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti (KI). Pemetaan Kompetensi Dasar digunakan untuk mengembangkan potensi siswa secara maksimal melalui perencanaan untuk mencapai kompetensi Kompetensi Inti (KI) merupakan ciri baku kompetensi kemampuan dasar yang diharapkan/dianggap penting dan dapat dikuasai

Pemetaan Kompetensi Dasar sangat penting karena melakukan perencanaan formal bagi setiap kompetensi, setiap sub kompetensi, setiap kompetensi tingkat dasar dan setiap kompetensi tingkat atas yang berhubungan dengan itu.

Proses belajar mengajar pendidikan dasar harus dilakukan agar peserta didik memiliki kompetensi yang mencakup aspek kemampuan dan keterampilan melalui kompetensi inti yang berfungsi sebagai landasan yang mengatur proses pembelajaran.

Mengenal KI, KD dan Pemetaan KD

Apa sih Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) itu? Pemetaan Kemampuan Dasar sebagai dasar perencanaan pengembangan potensi siswa. KD menjabarkan Kompetensi Inti (Ki) yang ditetapkan dengan menyatakan sendiri secara lengkap KD yang harus dipunyai siswa dalam mencapai Ki-nya.

Pemetaan Kompetensi Dasar adalah merupakan petunjuk dari kurikulum yang menjadi acuan untuk mengembangkan kemampuan seorang profesional termasuk mengantisipasi perkembangan dunia kerja. Dalam menyusun potensi siswa penjabaran KD disesuaikan dgn tujuan pendidikan yg ditetapkan oleh sekolah.

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar adalah bentuk penguasaan kompetensi pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan setelah melaksanakan pembelajaran di sekolah. Artinya, Setelah memperoleh bahan ajar pada berbagai jenjang pendidikan, peserta didik menunjukkan kompetensi dasar dalam hal pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap. Keterampilan ini dihasilkan tergantung pada karakteristik siswa dan harus mengacu pada kompetensi inti yang telah ditetapkan. KD dapat digunakan sebagai rujukan penyusunan Indikator Kompetensi.

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru Kelas 6 Semester 1 dan 2 Revisi 2023

Indikator kompetensi merupakan salah satu cara untuk menghasilkan suatu prestasi yang dapat digunakan untuk menyatakan prestasi seseorang. Indikator kompetensi merupakan hasil dari proses pengembangan standar kompetensi yang merupakan hasil dari pengembangan kurikulum.

Kompetensi Inti

Kompetensi inti adalah keterampilan dasar yang harus dipelajari oleh siswa di semua tingkatan dan di semua mata pelajaran. Mereka dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Menurut Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, kemampuan untuk mencapai kriteria kompetensi kelulusan merupakan kompetensi inti dalam kurikulum 2013 yang harus dimiliki oleh siswa di setiap jenjang kelas.

Kompetensi ini tidak langsung diajarkan di kelas, tetapi setiap topik harus memiliki tujuan yang sama dalam membentuk kompetensinya.

Kompetensi Inti (KI) berfungsi sebagai penghubung antar mata pelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 dan untuk melayani sebagai panduan untuk mengatur keterampilan dasar. Artinya, semua kegiatan pembelajaran berbasis kompetensi dasar harus dievaluasi dan diselaraskan dengan kompetensi inti. Kompetensi tersebut dikelompokkan menjadi empat kategori, sebagai berikut:

  • Kompetensi Sikap (K1) : Melaksanakan sila agama masing-masing.
  • Spiritual (K2): Berinteraksi dengan masyarakat dengan menunjukkan integritas, disiplin, akuntabilitas, dan kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan.
  • Kompetensi Pengetahuan (K3): Siswa mampu memecahkan masalah dengan menggunakan pengetahuannya.
  • Ketrampilan (K4): Menciptakan suatu karya yang menggabungkan seluruh pengetahuan yang dimiliki.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dicapai dan dicapai siswa pada setiap program pendidikan dijabarkan dalam Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 (K13) SD. Kompetensi dasar berbagai mata pelajaran dapat dilihat langsung di buku guru Kemendikbud. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memetakan setiap subtema secara manual.

Pemetaan KD Sebagai Standar Kemampuan Peserta Didik

Penerapan Kompetensi Dasar di sekolah sangat dipengaruhi oleh analisis dan penilaian keterampilan anak dan situasi sekolah dasar (SD).

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2

Pemetaan Kompetensi Dasar digunakan sebagai titik awal proses pendidikan di sekolah, sesuai dengan pendidikan nasional.

Pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 SD/MI mengacu pada beberapa kemampuan materi pembelajaran yang akan/harus dicapai siswa dalam hal pengetahuan dan keterampilan untuk setiap satuan studi.

Jika siswa lulus suatu kelas, dapat diasumsikan bahwa mereka telah memiliki kemampuan berdasarkan tujuan kompetensi dasar. Selain itu, hasilnya akan diterjemahkan ke dalam penilaian sesuai dengan kriteria KKM Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.

Saat memilih Kompetensi Dasar untuk setiap mata pelajaran sekolah dasar yang akan dipelajari anak, guru harus berhati-hati.

Langkah paling signifikan dalam melakukan analisis yang masuk akal menurut faktor infrastruktur sekolah, sumber daya siswa, dan kondisi lingkungan adalah merancang Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar.

Dengan memperhatikan kekuatan pribadi siswa, Anda dapat mengidentifikasi dan kemudian membangun Kompetensi Dasar sendiri. Namun, keputusan harus dibuat sesuai dengan standar isi mandat pendidikan nasional.

Download Format Pemetaan KD Kurikulum 2013 Revisi

Saya persilahkan Anda untuk download contoh format Pemetaan Kompetensi Dasar Semua Kelas SD pada semester 1 dan 2 melalui tautan halaman unduhan yang sudah disediakan pada tabel berikut ini:

Pemetaan KD Kelas 1

Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1
Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2

Pemetaan KD Kelas 2

Pemetaan KD Kelas 2 Semester 1
Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2

Pemetaan KD Kelas 3

Pemetaan KD Kelas 3 Semester 1
Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2

Pemetaan KD Kelas 4

Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1
Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2

Pemetaan KD Kelas 5

Pemetaan KD Kelas 5 Semester 1
Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2

Pemetaan KD Kelas 6

Pemetaan KD Kelas 6 Semester 1
Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2

Setelah anda berhasil mengunduh semua file Pemetaan Kompetensi Dasar yang dibutuhkan, maka silahkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap semua file tersebut untuk menjadi menghindari kesalahan isinya.

Lihat Juga :  Promes Kelas 3 Semester 1 Tahun 2022

Pemetaan Kompetensi Dasar merupakan bagian dari perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 yang harus dibuat pada awal tahun pelajaran / awal semester untuk digunakan sebagai berkas pendukung dalam penyusunan Silabus, KKM, Prota dan Promes.

Jadi pada intinya Pemetaan KD merupakan komponen yang memiliki peran sangat penting dalam perencanaan Pendidikan dan pengembangan Kurikulum, khususnya dalam ruang lingkup Kegiatan Pelajar Mengajar.

Kesimpulan

Pemetaan Kompetensi Dasar merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti, digunakan untuk mengembangkan potensi siswa secara maksimal melalui perencanaan untuk mencapai kompetensi. Pemetaan Kompetensi Dasar digunakan sebagai media perencanaan dan pengelolaan yang dilakukan secara terpadu.

Siswa memiliki kompetensi inti yang bersumber dari kekuatan dan kemampuan yang dimiliki. Kompetensi inti ditunjukkan kemampuan siswa untuk menyelesaikan tugas yang akan diberikan guru. Kompetensi inti dapat diklasifikasikan menjadi kompetensi inti dasar dan kompetensi inti penunjang. Kompetensi inti dasar adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kompetensi inti penunjang merupakan kompetensi yang akan menjadi modal bagi siswa untuk mencapai kompetensi inti dasar.

Pemetaan Kompetensi Dasar merupakan penjabaran dari Kompetensi Inti, digunakan untuk mengembangkan potensi siswa secara maksimal melalui perencanaan untuk mencapai kompetensi. Isi Kompetensi Dasar (KD) yang jelas mengidentifikasi sejumlah kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam rangka mencapai Kompetensi Inti.

Pemetaan kompetensi dilakukan untuk menemukan kesamaan pemahaman siswa dalam mencapai kompetensi yang terdapat dalam kurikulum. Pemetaan ini dilakukan dengan membuat daftar kompetensi yang terdapat dalam kurikulum, kemudian dikelompokkan menjadi kompetensi yang berkaitan. Selanjutnya, dalam pemetaan kompetensi ini, diperlukan indikator, yang digunakan untuk mengukur perkembangan dan peningkatan kompetensi siswa.

Referensi tambahan untuk memahami Pemetaan Kompetensi Dasar Anda dapat membacanya pada Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 dari situs resmi Kemdikbud. Akhir kata saya ucapkan semua apa yang telah di sampaikan terkait informasi pemetaan Kompetensi Dasar beserta info tambahan mengenai Kompetensi di atas dapat bermanfaat bagi semua rekan Guru seluruh Indonesia.

Demikian pembahasan tentang Pemetaan KD Revisi 2023 K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, mudah-mudahan dapat memenuhi kebutuhan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *