Promes Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 K13 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Kali ini Promes Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 K13 Tahun 2023 bisa Anda ketahui pada artikel ini.

Tujuh Media – Promes Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Tahun 2022 merupakan program yang ditetapkan dalam satu semester, yang dilaksanakan oleh seorang peserta didik sebagai wujud dari kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan di sekolah.

Salah satu peran kunci guru dalam perencanaan pembelajaran adalah mengembangkan program tahunan dan program semester mengajar. Peran serta seluruh komponen sekolah, khususnya kepala sekolah sebagai top manager di sekolah, sangat penting agar penataannya berjalan efektif dan sesuai dengan norma yang ada.

Guru wajib menyusun RPP untuk tahun ajaran dan semester berikutnya menjelang akhir tahun ajaran dan semester. Program Tahunan dan Program Semester adalah dua jenis perencanaan yang harus dilakukan.

Dari pernyataan di atas dapat kita simpulkan bahwa Promes, Prota, RPP dan beberapa perangkat pembelajaran lainnya saling berkaitan. Guna mendukung melengkapi perangkat pembelajaran khususnya Promes, maka di sini saya akan bagikan contoh formatnya untuk semua Kelas. Namun sebelum itu ada baiknya Anda mengetahui beberapa penjelasan terkait promes tersebut.

Pengertian Program Semester

Program semester (Promes) adalah jadwal atau garis besar kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu semester dalam suatu program studi. Kegiatan ini berisi segala kegiatan yang dijadwalkan untuk dilaksanakan pada satu semester seperti mengikuti pelajaran, menyelesaikan presentasi, menyelesaikan tugas kelompok, mengikuti seminar, mengikuti praktikum, menyelesaikan tugas akhir dan lain sebagainya.

Lihat Juga :  RPP Kelas 3 Tema 7 Semester 2 Tahun 2023

Promes merupakan suatu program pembelajaran yang berisi seperangkat kegiatan yang harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Program Semester terdiri atas satu program pokok yang mencakup seluruh kegiatan pembelajaran dan satu program pengayaan yang mencakup satu atau beberapa kegiatan pembelajaran sementara. Promes dapat dibagi atas program semester pokok, program semester pengayaan, program semester kelompok, dan program semester individu.

Promes dapat juga diartikan sebagai suatu program yang harus dilaksanakan oleh siswa dalam satu semester yang berisi hal-hal yang harus dilaksanakan oleh siswa baik untuk memenuhi kewajiban mata pelajaran yang diajarkan Guru, maupun untuk memenuhi kebutuhan yang wajib dapat ditunjukkan oleh siswa. Hal tersebut bisa berupa ujian, karya ilmiah, dan lain sebagainya.

Fungsi Promes (Program Semester)

  • Guru dapat menggunakannya sebagai panduan untuk membantu mereka memfokuskan kegiatan belajar-mengajar dan melaksanakannya dengan lebih cepat dan berhasil.
  • Berfungsi sebagai pegangan belajar bagi seorang instruktur.
  • Dapat digunakan untuk mengukur jam pelajaran efektif dengan mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan elemen pelajaran tertentu.
  • Berfungsi sebagai sarana untuk mencapai tujuan dalam penyampaian informasi. Proses dan hasil belajar dapat dilaksanakan secara seimbang dengan perencanaan yang memadai.

Manfaat Promes (Program Semester)

  • Selama satu semester, mendampingi seorang guru dalam proses pembelajaran.
  • Sebagai pedoman kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran
  • Sebagai pola dasar penentuan tugas dan wewenang setiap unsur peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
  • Guru dan siswa dapat menggunakannya sebagai panduan kerja untuk setiap aspek.
  • Sebagai alat untuk menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran, sehingga ketepatan dan kelambanan kerja dapat ditentukan setiap saat.
  • Untuk bahan persiapan data, untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Waktu, tenaga, alat, dan uang adalah semua hal yang bisa dihemat.

Langkah Cara Penyusunan Promes

Tahap 1. Menggunakan struktur Program Semester untuk memasukkan KD, tema, dan sub topik.

Lihat Juga :  Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD K13 Tahun 2023

Tahap 2. Tentukan jumlah jam dalam setiap kolom minggu untuk subjek, serta jumlah sesi tatap muka setiap minggu.

Tahap 3. Pada kolom minggu dan bulan, alokasikan waktu sesuai dengan kebutuhan pembahasan topik dan subtopik.

a. Dengan menggunakan kalender pendidikan yang diberikan oleh satuan pendidikan, hitung alokasi waktu dalam satu tahun.

Perhatikan hal-hal berikut:

  • Setiap bulan memiliki jumlah minggu yang berbeda.
  • Per bulan, jumlah minggu efektif (minggu terjadinya KBM)
  • Minggu-minggu di mana Anda tidak efektif (minggu-minggu di mana kegiatan belajar mengajar tidak terjadi, misalnya, ulang tahun sekolah, hari libur nasional, dll.)
  • Per tahun, total minggu, minggu efektif, dan minggu tidak efektif dihitung.

b. Tentukan jumlah waktu yang diberikan per semester.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sama seperti ketika memperkirakan nilai waktu satu tahun.

c. Hitung jumlah jam efektif semester.

Perhatikan hal-hal berikut:

  • Dalam perhitungan alokasi waktu setiap semester, jumlah minggu efektif dikurangi dengan jumlah minggu tidak efektif. Misalnya, jika minggu semester adalah 26 minggu tetapi hanya 9 minggu, maka minggu efektif adalah 26-9 = 17 minggu.
  • Mengalikan minggu efektif dengan jumlah jam pelajaran per minggu menghasilkan jam semester efektif. Perhatikan skenario berikut: Kelas VII Fisika 2 jam setiap pelajaran, 2 jam seminggu Maka jam pelajaran efektif per semester adalah 17 x 2 jam mengepel = 34 jam mengepel.

d. Distribusi alokasi waktu

Perhatikan hal-hal berikut:

  • Hitung berapa banyak kompetensi dasar yang Anda miliki semester ini.
  • Menentukan kedalaman dan keluasan materi pada Kompetensi Dasar.
  • Berdasarkan luas dan dalamnya masing-masing Kompetensi Bruto, distribusikan jam efektif yang dihitung.
  • Dengan memperhitungkan minggu/hari yang tidak efektif, sebarkan hasil distribusi pada matriks yang telah dilengkapi dengan bulan dan minggu selama satu semester.

Tahap 4. Buat catatan atau deskripsi bagian apa saja yang perlu dijelaskan.

  • Membuat Format Minggu Efektif
  • Membuat Format Perhitungan Jam Efektif untuk Semester 1 dan 2
Lihat Juga :  Silabus Kelas 2 Semester 1 Tahun 2023

Konsep Dasar Program Semester

Program Semester (Promes) tidak dapat ditulis tanpa kerangka program tahunan (Prota), karena program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Secara umum, promes ini meliputi:

  1. Identifikasi, diawali dengan institusi pendidikan, nama sekolah, kelas, semester, mata pelajaran, dan tahun ajaran
  2. Diawali dengan Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), jumlah jam pertemuan pembelajaran (JJP), dan bulan, isilah bagian yang kosong.

Indikator dalam Promes harus disesuaikan dengan keadaan dan kualitas siswa. Dengan kata lain, indikator mirip dengan tujuan instruksional tertentu (ICT) dalam proses pembelajaran, di mana kata kerja operasional (KKO) diperlukan untuk menghasilkan formulasi yang lebih efektif, seperti menjelaskan, menganalisis, mengidentifikasi, dan menilai.

Download Contoh Format Promes Kelas 1 Sampai 6 SD Semester 1 dan 2

Setelah mengetahui penjelasan terkait Program Semester seperti yang telah saya sampaikan di bagian atas, sekarang melalui paragraf ini saya akan bagikan juga contoh format promes kurikulum 2013 untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD hasil revisi terbaru tahun 2022. Anda dapat langsung mengunduhnya melalui link download pada tabel berikut :

Program Semester Kelas 1

Promes Kelas 1 Semester 1
Promes Kelas 1 Semester 2

Program Semester Kelas 2

Promes Kelas 2 Semester 1
Promes Kelas 2 Semester 2

Program Semester Kelas 3

Promes Kelas 3 Semester 1
Promes Kelas 3 Semester 2

Program Semester Kelas 4

Promes Kelas 4 Semester 1
Promes Kelas 4 Semester 2

Program Semester Kelas 5

Promes Kelas 5 Semester 1
Promes Kelas 5 Semester 2

Program Semester Kelas 6

Promes Kelas 6 Semester 1
Promes Kelas 6 Semester 2

Penutup

Promes merupakan program pendidikan yang dibuat selama satu semester. Program semester merupakan program yang mengatur seluruh kegiatan pembelajaran, pengajaran, penyelesaian tugas, dan penilaian (tugas akhir) yang dilaksanakan oleh seorang mahasiswa dalam satu semester. Sistem Promes ini digunakan di sejumlah jenjang pendidikan di Indonesia. Jika mau mengetahui prosedur dalam penyusunan Promes, Anda bisa mengetahuinya pada Modul Implementasi Kurikulum 2013.

Itulah informasi tentang Promes Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 K13 Tahun 2023, mudah-mudahan dapat menjawab keperluan informasi yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *