Prota Revisi 2023 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD

Posted on

Tujuh Media – Kali ini Prota Revisi 2023 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD bisa Anda dapatkan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Prota Kurikulum 2013 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Revisi ini mengacu pada penjadwalan waktu pembelajaran sepanjang tahun berikutnya dalam rangka memenuhi standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan.

Pada pelaksanakan Kegiatan Pembelajaran Kurikulum 2013, contoh prota dan promes ini akan sangat membantu para tenaga pengajar karena memiliki manfaat baik itu untuk Sekolah maupun Guru.

Berikut ini manfaat dari contoh prota dan promes SD yang akan saya bagikan pada bagian bawah artikel. Simak sampai tuntas.

  1. Bagi Guru : untuk memudahkan guru menyampaikan materi sesuai dengan JP (Jam Pelajaran) yang telah ditetapkan. sehingga semua kurikulum dalam satu semester tercakup tanpa ada yang ketinggalan
  2. Bagi Sekolah: Ada kalanya kegiatan sekolah (perayaan tahunan) mengharuskan kegiatan pembelajaran ditiadakan. Sehingga dengan adanya program ini dapat membantu dalam penjadwalan kegiatan sekolah (event tahunan) sesuai dengan jam pelajaran yang dibutuhkan. Dengan demikian, kegiatan sekolah tidak akan menghambat proses belajar mengajar.

Pengertian Prota

Program Tahunan disingkat Prota adalah rencana pelaksanaan pembelajaran satu tahun yang mencakup alokasi waktu untuk mata pelajaran yang diselenggarakan.

Dengan kata lain, Prota merupakan pernyataan secara lengkap dan terperinci tentang mata pelajaran-mata pelajaran yang diajarkan, jenis dan jumlah pengajaran yang dilakukan serta cara penilaian yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa. Prota merupakan salah satu pedoman utama yang menentukan tata cara pengajaran dan pembelajaran yang akan dilaksanakan di SD/MI.

Fungsi Program Tahunan

Guru mungkin akan mengalami kesulitan memimpin proses pembelajaran yang layak tanpa Program Tahunan K13 karena tidak memiliki rencana dan tidak tahu harus berbuat apa. Itulah salah satu alasan kenapa Program Tahunan (Prota) harus dibuat, berikut ini beberapa fungsi dari prota:

  • Untuk mengatur pembelajaran sedemikian rupa sehingga dapat berjalan dengan baik setelahnya.
  • 2 Sebagai template untuk membuat program tambahan, seperti harian, mingguan, dan promes atau Program Semester.
  • Memanfaatkan waktu belajar yang ada dengan sebaik-baiknya agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar dan siswa menerimanya.
  • Sebagai contoh apa yang akan dicapai selama satu tahun studi.
Lihat Juga :  RPP Kelas 1 Tema 6 Semester 2 Tahun 2022

Cara Menyusun Program Tahunan

Program Tahunan Sekolah Dasar harus dipersiapkan dengan cermat. Untuk melaksanakan kegiatan belajar yang efektif dan efisien, Guru harus menggunakan atau membagi waktu belajar yang tersedia. Sehingga pembelajaran dapat mencapai seperangkat kompetensi dasar.

Rancangan program tahunan pada dasarnya adalah perhitungan jumlah waktu yang dialokasikan untuk setiap keterampilan dasar. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mempersiapkan prota untuk memperoleh hasil yang baik:

1. Menelaah kalender pendidikan untuk mengubah tuntutan berdasarkan karakter atau kualitas satuan pendidikan. Dalam situasi ini, pastikan Anda memiliki kalender pendidikan, lalu lihat jadwal acara atau kegiatan kalender untuk mengetahui apa yang akan Anda pelajari.

2. Memasang pemberitahuan khusus tentang liburan, awal tahun ajaran baru, minggu atau minggu adalah cara terbaik untuk belajar dan belajar setiap minggu. Pasalnya, ada berbagai hari libur dalam kalender pendidikan yang harus diperhatikan, mulai dari:

  • Libur hari besar nasional
  • Libur hari besar keagamaan
  • Libur akhir tahun ajaran
  • Llibur pada hari khusus
  • Jarak antar semester pembelajaran

3. Untuk mengalokasikan waktu untuk kompetensi inti atau format matriks yang ada, hitung jumlah hari Minggu efektif dalam setahun dalam setiap bulan dan semester.

4. Menyisihkan waktu untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan masing-masing mata pelajaran, kompetensi dasar, dan mata pelajaran minggu efektif. Jumlah waktu yang diberikan harus proporsional dengan kompleksitas isi, luasnya materi pelajaran, pentingnya materi pelajaran, dan jumlah waktu yang tersedia untuk mempelajari materi pelajaran.

Pemahaman Minggu Efektif dalam Prota

Kata efektif minggu atau pekan efektif telah disebutkan dalam debat sebelumnya. Tapi tahukah Anda apa arti istilah “minggu efektif” atau “pekan efektif”?

Minggu efektif adalah hari yang ideal untuk menyelesaikan proses belajar yang efektif dan efisien. Bagaimana Anda bisa mengetahui apa yang membuat hari belajar menjadi baik? Idenya adalah untuk melihat hari biasa, bukan hari libur atau hari jadi yang signifikan.

Anda dapat menghitung jumlah minggu/pekan dalam setahun. Setelah itu, Anda dapat mengetahui berapa minggu tidak efektif dalam setahun.

Hasil dari minggu efektif dalam setahun dikurangi minggu tidak efektif dalam setahun kemudian dapat dihitung. Anda akan mengetahui berapa minggu atau minggu yang efektif berdasarkan perhitungan ini.

Lihat Juga :  RPP Kelas 2 Tema 7 Semester 2 Tahun 2022

Setelah Anda menentukan minggu efektif, Anda dapat menghitung jumlah jam efektif. Kalikan jumlah minggu efektif dengan jumlah jam bahan ajar per minggu untuk mencapai angka ini.

Pendistribusian bahan ajar untuk tahun atau semester berikutnya dapat Anda awasi pada jam-jam produktif tersebut. Anda akan dapat merencanakan jadwal tahunan Anda dengan lebih mudah dan akurat dengan cara ini.

Jumlah jam pelajaran, struktur kurikuler yang sesuai, dan kemampuan siswa untuk menguasai materi pelajaran, semuanya menjadi faktor dalam alokasi waktu belajar.

Hubungan Prota dan Promes

Program tahunan (Prota) adalah rencana alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (SK dan KD), dan dibatasi oleh Promes (program semester), yang akan dirancang untuk satuan waktu yang digunakan untuk menyelenggarakan program pendidikan setiap semester.

Pada dunia pendidikan Program Tahunan SD merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran satu tahun, yang mencakup rencana alokasi waktu. Pada prinsipnya program tahunan merupakan hasil pemikiran dari guru dan atau kepala sekolah mengenai apa yang akan dilaksanakan di sekolah pada tahun berjalan. Dengan demikian program tahunan merupakan bagian dari rencana kerja sekolah. Dalam membuat program tahunan harus ditetapkan tujuan kegiatan, yang merupakan jalan menuju tujuan pendidikan sekolah, serta harus ditentukan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan.

Program semester adalah pengurutan atau rangkuman dari semua pengabdian yang harus dilaksanakan dalam satu semester. Program semester disusun untuk mengetahui apa yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu satu semester tersebut dan berapa jumlah waktu yang dibutuhkan agar suatu tugas tersebut dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Pada umumnya program semester merupakan penjabaran dari suatu proyek.

Program semester (promes) adalah sebuah program yang dibentuk untuk mencapai tujuan. Program semester dapat dilaksanakan pada bidang pendidikan ataupun bidang non pendidikan. Pada bidang pendidikan, program semester merupakan hasil ketentuan yang tercantum dalam tiga komponen yaitu: visi dan misi sekolah, tujuan, dan program semester. Untuk tujuan dan program semester ditetapkan sebagai bentuk perencanaan yang menyeluruh, sehingga merupakan suatu usaha yang terarah dan terpadu. Program semester merupakan perencanaan yang mencakup tahun yang bersangkutan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prota dan promes (program tahunan dan program semester) memiliki kaitan yang sangat erat, hal tersebut ditunjukkan dengan tidak bisanya promes dibuat tanpa adanya prota, sebab prmes merupakan penjabaran dari prota.

Lihat Juga :  Pemetaan KD Kelas 6 Semester 1 Tahun 2022

Download Contoh Prota Kelas 1 – 6 Format Revisi

Menyusun format Program Tahunan bisa saja dilakukan oleh Guru dengan mudah, tetapi pada bagian ini saya akan bagikan contoh Prota SD untuk semua kelas (SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6) pada semester 1 dan 2.

Tetapi tidak hanya contoh program tahunan saja, Anda juga bisa mendapatkan promes pada tautan unduh yang sudah disertakan pada bagian bawah ini :

KelasProgram Tahunan
1Prota Kelas 1 Kurikulum 2013 (Semester 1 dan 2)
2Prota Kelas 2 Kurikulum 2013 (Semester 1 dan 2)
3Prota Kelas 3 Kurikulum 2013 (Semester 1 dan 2)
4Prota Kelas 4 Kurikulum 2013 (Semester 1 dan 2)
5Prota Kelas 5 Kurikulum 2013 (Semester 1 dan 2)
6Prota Kelas 6 Kurikulum 2013 (Semester 1 dan 2)

Contoh Prota dan Promes K13 Revisi terbaru tersebut bisa Anda langsung gunakan, tetapi harus diperiksa isinya terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kesalahan. Edit juga untuk kolom isian Data Sekolah.

Kesimpulan

Pada prinsipnya, Program Tahunan merupakan struktur penyusunan tahunan yang meliputi beberapa unsur penting, salah satunya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP 1 Lembar), Silabus dan Program Semester.

Ada begitu banyak perangkat pembelajaran yang harus dibuat oleh Guru dalam melancarkan proses pelaksanaan KBM, dimulai dari perencanaan hingga evaluasi penilaian. Semua itu memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tidak boleh diabaikan.

Oleh karena itu, hubungan antara hasil belajar dan perencanaan pembelajaran, serta pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, harus dilaksanakan secara harmonis dan koheren, tanpa ada salah satu komponen tersebut yang dihilangkan.

Prota, Promes, Silabus dan RPP harus dirancang dan disusun dengan cermat sebagai bagian dari proses perencanaan pembelajaran.

Selanjutnya, pelaksanaan (pelaksanaan) kegiatan belajar mengajar mengacu pada penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode dan media yang efektif dan efisien. Guru juga memberi contoh, memotivasi siswa, dan membantu mereka mengembangkan potensi dan kreativitas mereka.

Akhirnya, siswa dievaluasi dengan menggunakan tes atau non-tes untuk menemukan apakah tujuan kegiatan belajar mengajar telah terpenuhi atau tidak, untuk menetapkan apakah hasil belajar siswa telah terpenuhi atau tidak, dan untuk menawarkan dasar untuk keberhasilan ini. Hasil belajar dapat dimanfaatkan untuk membangun kurikulum melalui silabus dan aspek-aspeknya, selain untuk mengevaluasi siswa.

Silahkan dipelajari juga Modul Implementasi Kurikulum 2013 dari Kemdikbud.go.id sebagai tambahan informasi dalam penyusunan Program Tahunan.

Dicukupkan sekian dulu informasi tentang Prota Revisi 2023 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD, mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan informasi yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *