RPP 1 Lembar untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Kali ini RPP 1 Lembar untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Tahun 2023 bisa Anda ketahui pada artikel ini.

Tujuh Media – Pada halaman ini saya coba rangkum semua RPP 1 Lembar untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 revisi Tahun 2022-2023 semester 1 dan 2 dapat dijadikan sebagai salah satu sumber acuan Guru dalam melengkapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 jenjang pendidikan Sekolah Dasar.

Mengingat betapa pentingnya RPP 1 Lembar, oleh karena itu sudah seharusnya semua rekan Guru seluruh Indonesia mempersiapkannya sebelum mulai melaksanakan tugas mengajar di masing-masing sekolah.

RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dibuat dan digunakan oleh Guru sebagai alat bantu ketika mengajar siswa di kelas. Semua tahapan pelaksanaan kegiatan tercantum di dalam RPP, dengan demikian proses kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara terprosedur. RPP ini juga merupakan bagian dari perangkat pembelajaran kelas 1 SD K13.

Pengertian RPP 1 Lembar

RPP 1 Lembar adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih, sesuai dengan Petunjuk Teknis Penyusunan RPP berdasarkan 3 komponen. Selain itu, RPP juga dapat diartikan sebagai rencana rinci berdasarkan mata pelajaran atau tema tertentu yang mengacu pada silabus dan digunakan untuk memandu kegiatan belajar siswa dalam rangka mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik di lingkungan pendidikan dituntut untuk mengembangkan rencana pembelajaran yang komprehensif dan sistematis untuk memastikan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi secara aktif, dan menyediakan ruang yang cukup untuk inisiatif, kreativitas, dan kemandirian berbasis pada bakat, minat, dan kemampuannya.

RPP dibuat dengan menggunakan KD atau subtema dan diselesaikan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Rencana pembelajaran dapat dibuat pada setiap awal semester atau awal tahun ajaran, dengan tujuan agar siap digunakan pada awal setiap sesi pembelajaran.

Guru dapat merancang RPP sendiri atau berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, dengan pengawasan dan koordinasi dari pengawas atau dinas pendidikan. Dari kelas 1 hingga kelas 6, kurikulum 2013 SD menggunakan metode Pembelajaran Tematik Terpadu.

Lihat Juga :  Soal PH Kelas 4 Revisi 2023 Lengkap Semua Tema

Prinsip Pengembangan RPP 1 Lembar Kurikulum 2013

Ada pun prinsip dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013, diantaranya sebagai berikut :

  • RPP merupakan penjabaran gagasan kurikulum berbasis silabus nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran yang dapat diimplementasikan di dalam kelas.
  • RPP dibuat sesuai dengan kurikulum dan kondisi satuan pendidikan, meliputi kemampuan awal siswa, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosional, dan gaya belajar.
  • RPP ini sejalan dengan tujuan Kurikulum 2013 yaitu menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tidak pernah berhenti belajar.
  • RPP mempromosikan budaya membaca dan menulis.
  • RPP dibuat dengan mempertimbangkan keterkaitan dan keterpaduan KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu pengalaman belajar.
  • RPP dibuat dengan mempertimbangkan bagaimana teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan secara terintegrasi, metodis, dan efektif sesuai dengan skenario dan keadaan.

Perbedaan Komponen RPP

Tahun demi tahun, kerap kali keluar kebijakan-kebijakan baru dalam menyusun sebuah RPP. Dimulai dari Kurikulum KTSP, dilanjutkan dengan Kurikulum 2013 dan saat ini sudah ada sekilas informasi mengenai akan adanya berubahan kembali menjadi Kurikulum Sekolah Penggerak.

Hal tersebut memberikan beberapa pengaruh terhadap penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun, itu merupakan hal yang cukup wajar dan pada dasarnya RPP yang digunakan oleh Guru masih tetap sama dan hanya sedikit mengalami perubahan berdasarkan komponen yang digunakan untuk menyusunnya. Anda dapat melihat tabel perbedaan komponen RPP di bawah ini:

Komponen RPP 1 Lembar

RPP 1 Lembar dibuat berdasarkan 3 Komponen, hal tersebut sesuai Surat Edaran Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 terkait penyederhanaan. Di bawah ini beberapa komponen yang digunakan ketika Anda akan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan format satu lembar.

NoKomponen RPP 1 Lembar
1Tujuan Pembelajaran
2Kegiatan Pembelajaran
3Penilaian Pembelajaran

Penjelasan :

1. Tujuan Pembelajaran

Selain mencantumkan tujuan pembelajaran dalam RPP 1 lembar, pengajar juga harus memberitahukan kepada siswa agar mengetahui tujuan pembelajaran yang akan diberikan saat pembelajaran dilakukan. Tujuan pembelajaran dapat ditemukan dalam kurikulum lebih tepatnya pada Silabus.

2. Kegiatan Pembelajaran

Ada pembukaan, inti, dan penutup dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sebagaimana lazimnya. Mulailah dengan menyapa dan berdoa sebelum mulai belajar. Juga, lakukan sesuatu untuk menarik perhatian siswa pada konten yang perlu dipelajari pada saat itu. Ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa agar termotivasi dan bersemangat untuk belajar.

3. Penilaian Pembelajaran (Asesmen)

  • Penilaian Sikap dimaksudkan untuk mengukur perilaku peserta didik, hal ini dapat dilihat dengan cara melakukan observasi atau pengamatan.
  • Penilaian Pengetahuan mencakup penguasaan pengetahuan peserta didik, Guru dapat melihatnya dari tes lisan, tes tulisan maupun penugasan.
  • Penilaian Keterampilan mencakup keterampilan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu, Guru dapat melihatnya dari praktik, produk, proyek dan portofolio.
Lihat Juga :  Promes Kelas 6 Semester 1 Tahun 2022

Komponen RPP Kurikulum 2013

Sedangkan, pada awalnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dibuat berdasarkan 13 komponen sesuai kebijakan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses.

NoKomponen RPP K13
1Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan
2Identitas mata pelajaran atau tema/subtema
3Kelas/semester
4Materi pokok
5Alokasi waktu
6Tujuan pembelajaran
7Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
8Materi pembelajaran
9Metode pembelajaran
10Media pembelajaran
11Sumber belajar
12Langkah-langkah pembelajaran
13Penilaian hasil belajar

Komponen RPP KTSP 2006

KTSP 2006 merupakan Kurikulum pertama yang kita kenal. RPPnya dibuat berdasarkan 11 komponen seperti pada tabel berikut ini:

NoKomponen RPP KTSP
1Identitas Mata Pelajaran
2Standar Kompetensi 
3Kompetensi Dasar 
4Indikator Pencapaian Kompetensi 
5Tujuan Pembelajaran 
6Materi Ajar 
7Alokasi Waktu 
8Metode Pembelajaran
9Kegiatan Pembelajaran (Pendahuluan, Inti, Penutup)
10Penilaian Hasil Belajar
11Sumber Belajar

Tahapan Menyusun RPP 1 Lembar

Di bagian atas tadi anda sudah melihat apa saja perbedaan komponen antara RPP Kurikulum 2013 dengan format 1 lembar. Terlihat adanya penyederhanaan supaya RPP dapat dibuat secara ringkas, efisien, efektif dan tetap berorientasikan kepada peserta didik.

Pada penyusunan RPP Format 1 lembar harus tetap merujuk kepada Kurikulum 2013. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui ketika menyusunnya, antara lain yaitu:

1. Analisa SKL, KI dan KD

Guru harus menganalisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi dasar apa yang harus dicapai siswa dalam proses pembelajaran.

2. Analisis Materi Pelajaran

Dari kompentensi dasar yang telah dianalisis, Guru dapat menentukan materi aja yang bisa diapatkan dari beberapa referensi seperti Buku Guru dan Siswa serta referensi pendukung lainnya.

3. Analisis Penerapan Metode Pembelajaran

Guru perlu menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan pendekatan saintifik (5 M).

4. Analisis Penilaian Pembelajaran

Penilaian dilakukan secara autentik yang mengacu kepada 3 aspek , diantaranya yaitu penilaian Sikap, Penilaian Pengetahuan dan Penilaian Keterampilan.

Download 1 Lembar untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Setelah mengetahui beberapa penjelasan terkait dengan perubahan pembuatan RPP sebelum dan sesuah penyederhanaan, kini Bapak/Ibu Guru bisa mendownload semua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran format satu lembar melalui beberapa tautan halaman di bawah berikut berdasarkan kelas dan semester yang diperlukan.

Lihat Juga :  Perangkat Pembelajaran Kelas 2 SD K13 Tahun 2023

RPP Kelas 1

Tema Semester 1 : Tema 1 Diriku, Tema 2 Kegemaranku, Tema 3 Kegiatanku, Tema 4 Keluargaku.

Tema Semester 2: Tema 5 Pengalamanku, Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri, Tema 7 Benda, hewan dan Tanaman di Sekitarku, Tema 8 Peristiwa Alam.


RPP Kelas 2

Tema Semester 1: Tema 1 Hidup Rukun, Tema 2 Bermain di Lingkunganku, Tema 3 Tugasku Sehari-hari, Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat.

Tema Semester 2: Tema 5 Pengalamanku, Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan, Tema 7 Kebersamaan, Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan.


RPP Kelas 3

Tema Semester 1: Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Tema 3 Benda di Sekitarku, Tema 4 Kewajiban dan Hakku.

Tema Semester 2: Tema 5 Cuaca, Tema 6 Energi Dan Perubahannya, Tema 7 Perkembangan Teknologi, Tema 8 Praja Muda Karana.


RPP Kelas 4

Tema Semester 1: Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Tema 4 Berbagai Pekerjaan, Tema 5 Pahlawanku.

Tema Semester 2: Tema 6 Cita-Citaku, Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Tema 9 Kayanya Negeriku.


RPP Kelas 5

Tema Semester 1: Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan, Tema 3 Makanan Sehat, Tema 4 Sehat Itu Penting, Tema 5 Ekosistem.

Tema Semester 2: Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan, Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita.


RPP Kelas 6

Tema Semester 1: Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan, Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Tema 4 Globalisasi, Tema 5 Wirausaha.

Tema Semester 2: Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Tema 7 Kepemimpinan, Tema 8 Bumiku, Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar.


Kesimpulan

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dapat dibuat secara bebas oleh Guru, selama masih mengacu kepada kurikulum yang berlaku. Jika anda sudah membuat RPP Kurikulum 2013 dengan 13 komponen, maka silahkan saja gunakan yang ada. Sebab hal yang paling penting adalah RPP harus efisien, efektif saat digunakan dan tentunya beroirentasikan kepada siswa.

Anda pun dapat menggunakan RPP 1 Lembar, meskipun namanya hanya satu lembar tapi bukan berarti RPP ini tidak boleh lebih dari satu halaman sebab Guru tentu saja harus menambahkan beberapa lampiran pelengkap lainnya.

Jadi pada intinya apa pun format RPP yang digunakan sebagai pedoman mengajar, itu diperbolehkan. Bahkan RPP dapat dibuat menggunakan tulis tangan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai RPP 1 Lembar untuk SD kelas 1 sampai dengan 6 pada semester ganjil dan genap ini. Mudah-mudahan info yang saya sampaikan cukup lengkap.

Demikian artikel tentang RPP 1 Lembar untuk SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Tahun 2023, mudah-mudahan dapat memenuhi keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *