RPP Kelas 4 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Pembahasan mengenai RPP Kelas 4 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023 bisa Anda dapatkan pada tulisan ini.

Tujuhmedia.com – Sekarang kita mulai masuk ke informasi RPP Kelas 4 Tema 6 Semester 2 revisi Tahun 2022 yang berfungsi sebagai pedoman Guru mengajar materi Cita-Citaku di kelas.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 sangat berperan penting bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itulah, RPP K13 ini tidak dapat dianggap hal sepele dan harus selalu dipersiapkan ketika kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan.

Para Guru tentunya sudah mengetahui manfaat dari penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013, salah satunya yaitu proses mengajar akan jauh lebih efektif dan terprosedur. Maka dengan demikian tujuan pembelajaran dapat lebih mudah dicapai.

Namun meskipun bergitu, semua tetap bergantung kepada Guru sebagia fasilitator. Dalam hal ini, Guru pun harus dapat menentukan Metode Pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik para peserta didiknya.

RPP Kurikulum 2013 harus disusun mengacu kepada silabus, Silabus itu sendiri dihasilkan dari Analisa SKL, KI dan KD. Maka terbentuklah sebuah Silabus.

Saat ini format penyusunan RPP Kurikulum 2013 sudah mulai menggunakan 1 lembar yang dibuat berdasarkan 3 komponen inti. Jika anda belum mengetahuinya, maka silahkan baca secara keseluruhan penjelasan singkat berikut ini.

RPP Kelas 4 Tema 6 Format 1 Lembar

Berdasarkan Surat Edaran Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2019 yang berisikan informasi terkait penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 (RPP K13). Kini RPP dibuat menjadi sangat ringkas, efisien dan menjadi lebih efektif.

RPP Kurikulum 2013 yang telah mengalami penyederhanaan ini disusun berdasarkan 3 komponen inti, apa saja komponen-komponen tersebut? Berikut rinciannya:

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi 2023
  • Tujuan pembelajaran (Berisikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik)
  • Kegiatan Pembelajaran (Berisi langkah-langkah, misalnya seperti pembukaan, inti dan penutup)
  • Penilaian Pembelajaran (penilaian ini mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan)

Dalam pembuatannya RPP 1 lembar Kelas 4 Tema 6 ini tetap mengacu kepada silabus terbaru dan terintegrasi dengan literasi abad 21, HOTS, PPK serta 4C.

Semenjak penyederhanaan tersebut, sekarang RPP K13 dapat dibuat jadi hanya 1 lembar saja, meskipun demikian unsur-unsur penting yang terdapat di dalamnya masih berada dalam porsi yang sama. Justru menjadi lebih efisien, efektif dan tetap beroirentasikan terhadap siswa.

Download RPP Kelas 4 Tema 6

Jika anda merupakan salah seorang Guru yang masih menggunakan RPP Kurikulum 2013 dengan 13 komponen dan ingin mencoba untuk menggunakan RPP format 1 lembar revisi terbaru ini maka saya akan bagian contoh legkapnya di sini, namun sebelum itu ketahui dulu daftar subtema yang ada pada tema 6 ini :

TEMA 6. Cita-Citaku;
Subtema 1. Aku dan Cita-Citaku;
Subtema 2. Hebatnya Cita-Citaku;
Subtema 3. Giat Berusaha Meraih Cita-Cita;
Aku Cinta Membaca;

Setelah itu, sekarang saya persilahkan Bapak dan Ibu Guru untuk mendownload semua contoh revisi terbarunya emlalui link unduhan berikut ini:

RPP Tema 6 Kelas 4 – Download

Edit dan periksalah RPP yang telah berhasil didownload, hal ini bertujuan untuk mengontrol dan menghindari kesalahan maupun kekurangan isi dari RPP tersebut. Anda dapat mengeditnya menggunakan MS. Office Word yang sudah terdapat di laptop maupun komputer.

Coba cek juga:

Penutup

Meskipun tidak ada tugas mutlak untuk mengganti format RPP menjadi 1 lembar, tetapi jika kita lihat secara sadar bahwa format terbaru ini lebih efisien dan jauh lebih efektif untuk digunakan. Maka jangan ragu untuk mencobanya, tetapi jika dirasa format K13 terdahulu lebih nyaman digunakan, silahkan pakai saja yang ada pada perangkat pembelajaran kelas 4 Bapak/Ibu Guru.

Lihat Juga :  Promes Kelas 3 Semester 1 Tahun 2022

Itulah pembahasan tentang RPP Kelas 4 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023, semoga dapat memenuhi keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *