RPP Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya RPP Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023 bisa Anda temukan pada artikel ini.

Tujuh Media – RPP Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Revisi Tahun 2022 ini digunakan sebagai pedoman atau panduan Guru mengajarkan materi Menuju Masyarakat Sehat kepada siswa di kelas VI SD tepatnya pada semester genap.

RPP Kurikulum 2013 sangatlah penting untuk Guru mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika mengajar, sebab semua langkah-langkah kegiatan semuanya sudah ada di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Mempersiapkan RPP Kurikulum 2013 merupakan hal yang sudah lumrah. Tanpa adanya salah satu berkas perangkat pembelajaran kelas 6 yang satu ini kegiatan belajar mengajar akan kesulitan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara tepat.

Namun meskipun begitu, kemampuan Guru secara personal pun ikut memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran. Salah satu skill yang harus dimiliki oleh Guru adalah memvisualkan isi materi yang yang ada di dalam RPP.

Selain itu pemilihan atau penetapan dan mengimplementasikan Model Pembelajaran menjadi salah satu dukungan yang sangat kompleks. Ketercapaian nilai standar kompetensi dapat ditempuh secara maksimal serta lebih mudah.

RPP Tema 6 Kelas 6 Format 1 Lembar

Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 yang akan saya bagikan di sini merupakan hasil penyederhanaan. Penyederhanaan ini sesuai Surat Edaran Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019.

RPP Kurikulum 2013 berdasarkan Surat Edaran tersebut disusun menggunakan 3 komponen inti, diantaranya yaitu :

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Langkah Kegiatan Pembelajaran
  3. Asesmen / Penilaian Pembelajaran

Meskipun RPP 1 lembar hanya menggunakan tiga komponen saja, bukan berarti ada banyak hal yang ikut berkurang. Dari segi kualitas RPP 1 Lembar masih tetap dalam porsinya, 10 komponen yang tidak diterapkan langsung masih digunakan sebagai pelengkap saja. RPP 1 lembar ini pun tetap terintegrasi dengan Literasi Abad – 21, HOTS, PPK, 4C dan HOTS.

Lihat Juga :  Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2 Tahun 2022

Penyederhanaan ini bertujuan supaya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 menjadi lebih ringkas dan efisien. Hal itu dibuktikan dengan hasil pembuatan RPP hanya membutuhkan 1 lembar saja.

Efisiensi waktu dan tenaga serta efektivitas dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dapat langsung dirasakan oleh setiap tenaga pengajar.

Sebelum mengalami penyederhanaan, RPP Kurikulum 2013 disusun berdasarkan 13 komponen yang dimana jumlah halamannya bisa mencapai banyak lembar. Terkadang Guru pun sering dibuat pusing karena harus melihat halaman demi halaman ketika digunakan saat mengajar.

Lain halnya dengan format RPP 1 Lembar, Guru dapat fokus mengajar tanpa harus merasa bingung sebab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dipegang hanya satu lembar saja. Maka dari itu, penyederhanaan ini cukup memberikan suasana segar bagi setiap Guru yang menggunakannya.

Download RPP Kelas 6 Tema 6

Bagi Guru yang belum memiliki format RPP 1 lembar, maka pada bagian ini saya akan membagikannya secara lengkap. Namun sebelum itu coba lihat dulu daftar nama subtema yang ada di dalamnya pada tabel berikut :

Tema 6. Menuju Masyarakat Sehat;
SubTema 1. Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat;
SubTema 2. Masyarakat Sehat Negara Kuat;
SubTema 3. Membangun Masyarakat Sehat;
Kegiatan Pembiasaan Literasi;

RPP ini dapat anda kembangkan secara mandiri maupun bersama Kelompok Kerja Guru di setiap masing-masing sekolah tempat anda mengajar. Nah, sekarang silahkan unduh saja semuanya melalui satu file RPP yang saya bagikan di bawah ini.

RPP Tema 6 Kelas 6 – Download

Kalau sudah, coba diperiksa kembali ya isi dari semua RPP per subtemanya. Anda dapat mengeditnya menggunakan Software MS. Office Word. Pasti dapat dilakukan dengan mudah.

Rekomendasi Tujuh Media:

Lihat Juga :  RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 Tahun 2023

Penutup

Penggunaan RPP 1 Lembar akan memberikan pengalaman yang cukup menarik, apalagi bagi Guru yang sudah terbiasa menggunakan RPP K13 format 13 komponen. Selain dapat dibuat secara ringkas, RPP format 1 lembar pun lebih efisien dan efektif.

Jika setelah melaksanakan kegiatna pembelajaran ada siswa yang belum mampu mencapai nilai minimum kompetensi, maka Guru harus segera melakukan remedial. Begitupun dengan siswa yang telah berhasil mencapai nilai kompetensi, anda harus melakukan pengayaan sebagai perluasan pengetahuan peserta didik.

Itulah informasi tentang RPP Kelas 6 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023, mudah-mudahan dapat menjawab kebutuhan info yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *