Silabus Kelas 1 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2023

Posted on

Tujuh Media – Pembahasan mengenai Silabus Kelas 1 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2023 bisa Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Silabus Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022 untuk semester 1 dan 2 yang terdiri dari tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dapat anda download secara lengkap, tentunya di halaman situs Tujuhmedia.com ini.

Meskipun Silabus kelas 1 SD merupakan salah satu bagian dari Administrasi Perangkat Pembelajaran, tidak sedikit dari rekan Guru yang terkadang mengabaikan untuk membuat atau mempersiapkannya sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di setiap semester.

Hal ini dikarenakan hampir semua perangkat pembelajaran kelas 1 yang diperlukan oleh Guru sudah banyak yang membagikannya di Internet dalam bentuk format sudah jadi, termasuk Silabus K13 kelas 1 SD!

Keadaan seperti itu memang bisa menghemat waktu dan tenaga, tetapi perlu disadari bahwa menyusun Silabus Kurikulum 2013 pada hakikatnya Guru perlu mampu membuatnya sendiri. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih memahami fungsi dan manfaatnya.

Tapi hal itu tidak perlu dibahas terlalu mendalam, sebab ujung-ujungnya sebagian besar dari Anda akan mencari informasi download Silabus, biar lebih praktis.. ya kaaann.

Review Silabus Kurikulum 2013

Secara umum, silabus didefinisikan sebagai bagan yang terdiri dari rencana pembelajaran pada daftar kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup berbagai komponen penilaian, seperti materi pembelajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi, alokasi waktu, indikator, dan sebagainya.

Guru dapat membuat Silabus K-13 sendiri berdasarkan kebutuhan dan keadaan masing-masing satuan pendidikan. Dengan demikian, Guru memiliki kendali penuh atas apakah akan menambah atau mengurangi.

Lihat Juga :  Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1 Tahun 2022

Sumber belajar dipilih berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta mata pelajaran/materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Namun perlu digarisbawahi bahwa tetap harus diarahkan oleh kurikulum yang berlaku dan konsep pengembangan dalam pelaksanaannya serta sesuai kebijakan pemerintah pusat, seperti pada saat ini pembuatan silabus mengacu kepada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.

Mengingat pentingnya perangkat pembelajaran tersebut, maka kami sebagai penyedia berbagai perangkat pembelajaran online telah berinisiatif menurunkan kinerja guru dalam melengkapi berkas perangkat pembelajaran, dalam hal ini silabus.

Unsur-unsur Silabus kelas 1 Kurikulum 2013 yang saya hadirkan kali ini telah dimutakhirkan untuk persiapan awal tahun ajaran baru, yang akan selalu menyertakan evaluasi berdasarkan silabus yang ada. Guru mendapat manfaat dari pembuatan silabus karena berisi referensi untuk meningkatkan fungsi silabus untuk merencanakan pembelajaran di sekolah dengan lebih baik.

Silabus Kelas 1 Semester 1

Silabus Tema apa saja yang bisa Anda dapatkan pada semester 1 ini? Berikut ini empat tema Silabus kelas 1 SD yang dapat diunduh secara lengkap di semester ganjil :

  • Silabus Kelas I Tema 1 Diriku.
  • Silabus Kelas I Tema 2 Kegemaranku.
  • Silabus Kelas I Tema 3 Kegiatanku.
  • Silabus Kelas I Tema 4 Keluargaku.

Download Silabus Kelas 1 Semester 1

Silabus kelas 1 Semester 2

Sedangkan di semester genap, Silabus kelas 1 SD semester 2 yang dapat diunduh secara lengkap diantaranya yaitu:

  • Silabus Kelas I Tema 5 Pengalamanku.
  • Silabus Kelas I Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri.
  • Silabus Kelas I Tema 7 Benda, hewan dan Tanaman di Sekitarku.
  • Silabus Kelas I Tema 8 Peristiwa Alam.

Download Silabus Kelas 1 Semester 2

Ada beberapa hal penting nih untuk Guru yang mau mengembangkan Silabus.

Ketahuilah Prinsip Pengembangan Silabus

Setelah mengunduh Silabus kelas 1 K13 di atas, akan lebih baik Anda melakukan cek ulang untuk memastikan keabsahan isi materi di dalamnya. Ketika akan melakukan mengembangan, maka ketahui terdahulu beberapa prinsipnya. Adapun prinsip dalam pengembangan Silabus, sebagai berikut :

  1. Ilmiah. Dalam arti bahwa isi dan kegiatan umum silabus harus akurat dan dapat diverifikasi secara ilmiah.
  2. Relevan. Sesuai dengan tingkat pertumbuhan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa ditinjau dari ruang lingkup, kedalaman, tingkat kesulitan, dan urutan penyajian materi dalam silabus.
  3. Sistematis. Dalam arti komponen-komponen silabus terintegrasi secara fungsional untuk mencapai kompetensi.
  4. Konsisten. Dalam arti kompetensi inti, indikator, materi pelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memiliki hubungan yang konstan (stabil, berprinsip).
  5. Memadai. Dalam arti indikator, materi pelajaran, pengalaman belajar, bahan ajar, dan mekanisme penilaian cukup untuk memungkinkan penguasaan kompetensi dasar.
  6. Aktual dan konstekstual. Memperhatikan perkembangan terkini ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi dalam hal cakupan indikator, materi topik, pengalaman belajar, dan sistem evaluasi.
  7. Fleksibel. Dalam arti komponen umum silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik dan pendidik, serta dinamika sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh. Dalam arti komponen silabus mencakup seluruh kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

Langkah-Langkah Pengembangan Silabus K13

Tidak hanya diharuskan untuk mengetahui prinsipnya saja, Guru dituntut untuk memahami bagaimana tahapan yang harus dilakukan ketika mengembangkan Silabus Kelas 1. Pahami dan ikuti beberapa langkah dalam mengembangkan Silabus Kurikulum 2013 berikut ini :

  1. Mengkaji dan menentukan SK dan KI dalam atau Memeriksa dan menetapkan kriteria kompetensi (atau kapabilitas inti).
  2. Mengkaji dan menentukan kompetensi dasar (Menentukan dan menilai kompetensi dasar)
  3. Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran (Putuskan apa yang akan Anda pelajari.)
  4. Mengembangkan kegiatan pembelajaran (Buat kegiatan pendidikan)
  5. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi (Membuat indikator pencapaian kompetensi)
  6. Menentukan jenis penilaian (Tentukan jenis evaluasi yang akan Anda lakukan)
  7. Menentukan alokasi waktu (Tentukan jadwal waktu)
  8. Menentukan sumber belajar (Identifikasi sumber daya pendidikan)

Kesimpulan

  • Bagi setiap Guru Kelas I SD/MI sebaiknya mampu membuat dan mengembangkan Silabus SD kurikulum 2013 secara mandiri maupun dibantu dengan dewan Guru lainnya secara berkelompok.
  • Pengembangan Silabus tidak boleh sembarangan dilakukan, ketahuilah beberapa prinsip dasar dan langkah-langkahnya.
  • Tema pada Silabus Kelas 1 semua berjumlah 8, dibagi per semester. Semester 2 teridir dari tema 1 sampai 4 dan Semester 2 terdiri dari tema 5 sampai 8.

Itulah informasi mengenai Silabus Kelas 1 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2023, semoga bisa menjawab keperluan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *