Silabus Kelas 6 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya Silabus Kelas 6 Semester 2 Tahun 2023 dapat Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Menyusun Silabus Kelas 6 Semester 2 Revisi Tahun 2022 sebagai parameter untuk mengetahui ketercapaian program pembelajaran yang dilaksanakan pada semester genap di kelas 6 merupakan tindakan yang tepat.

Hal ini dikarenakan, untuk dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang stabil dan sesuai standar yang telah ditentukan pada program Kurikulum 2013 diperlukan manajemen perangkat pembelajaran kelas 6 yang teratur serta mengikuti aturan dengan kredibiltas tinggi sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Namun, seperangkat pembelajaran tidak akan berfungsi secara maksimal jika tidak digunakan oleh Guru profesional. Oleh karena itulah, Guru pun ikut andil di dalam mencapai tukuan pembelajaran yang optimal.

Salah satu contoh tindakan yang dapat dilakukan guna mendukung implementasi perangkat pembelajaran, Guru dapat melakukan pendekatan pembelajaran.

Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang teoritis yang menjadi pedoman dalam pemilihan strategi dan metodologi pembelajaran.

Guru memanfaatkan metode ini untuk menyiapkan bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Dalam kerangka teori, tujuannya adalah untuk menginspirasi, mengakomodasi, dan memperkuat suatu teknik pembelajaran. Pendekatan pembelajaran adalah orientasi atau sudut pandang yang digunakan dalam proses pembelajaran, dan berperan dalam membimbing proses pemilihan strategi atau metode pembelajaran.

Format Silabus Kelas 6 Semester 2

Silabus Kelas 6 Semester 2 yang akan bagikan di sini dibuat berdasarkan aturan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 berisikan informasi tentang Standar Proses Sekolah Dasar dan Menengah. Pada penyusunannya pun Silabus ini dibuat berdasarkan beberapa komponen seperti :

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru Kelas 5 Semester 1 dan 2 Revisi 2023
  • Indikator Pembelajaran,
  • Kompetensi Inti,
  • Kompetensi Dasar,
  • Mata Pelajaran,
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik),
  • Penilaian Pembelajaran,
  • Alokasi Waktu,
  • Sumber Belajar,

Silabus K13 menjabarkan poin-poin program yang harus dipenuhi dalam setiap mata pelajaran. Anda dapat mengembangkan Silabus Kelas 6 Semester 2 tersebut secara mendiri (Guru) atau bersama Kelompok Kerja Guru. Selain itu, Silabus ini juga terintegrasi Literasi Abad 21, HOTS, 4C, PPK dan berorientasi kepada peserta didik.

Download Silabus Kelas 6 Semester 2

Silabus kelas 6 berisi rekomendasi atau referensi untuk menghasilkan pembelajaran lebih lanjut, seperti perencanaan pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar, dan pengembangan sistem penilaian.

Pada paragraf ini Anda akan diberi tautan unduhan semua Silabus Kelas 6 yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa tema. Silahkan download sesuai kebutuhan pembelajaran pada tabel berikut :

Silabus Tema 6Download
Silabus Tema 7Download
Silabus Tema 8Download
Silabus Tema 9Download
SampulDownload

Sebagai Guru anda dapat mengembangkan Silabus sendiri, tetapi harus berdasarkan prinsip yang sesuai. Ketahuilah prinsip-prinsipnya:

Ilmiah.
Dalam arti bahwa isi dan kegiatan umum silabus harus akurat dan dapat diverifikasi secara ilmiah.

Sistematis
Dalam arti komponen-komponen silabus terintegrasi secara fungsional untuk mencapai kompetensi.

Konsisten
Dalam arti kompetensi inti, indikator, materi pelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memiliki hubungan yang konstan (stabil, berprinsip).

Memadai
Dalam arti indikator, materi pelajaran, pengalaman belajar, bahan ajar, dan mekanisme penilaian cukup untuk memungkinkan penguasaan kompetensi dasar.

Fleksibel
Dalam arti komponen umum silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik dan pendidik, serta dinamika sekolah dan tuntutan masyarakat.

Teliti dan Menyeluruh
Dalam arti komponen silabus mencakup seluruh kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

Jangan lewatkan juga:

Lihat Juga :  Silabus Kelas 6 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022

Kesimpulan

  • Perencanaan pembelajaran, pengorganisasian kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar, dan perancangan sistem evaluasi semuanya termasuk dalam Silabus sebagai rekomendasi atau acuan untuk pembelajaran selanjutnya.
  • Silabus Kelas 6 Semester 2 sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang memuat informasi tentang Standar Sekolah Dasar dan Menengah.

Demikian pembahasan mengenai Silabus Kelas 6 Semester 2 Tahun 2023, semoga bisa memenuhi keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *