Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Posted on

Tujuh Media – Pembahasan mengenai Cara Membuat Lilin Aromaterapi bisa Anda dapatkan pada artikel ini.

Cara Membuat Lilin Aromaterapi – Diskusi (25/7). Kekhawatiran akan banyaknya sisa minyak goreng di dapur dan sikap ibu-ibu yang tidak menggunakan minyak goreng diutarakan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) dengan memberikan pelatihan mengenai pembuangan dan pengolahan minyak goreng. Program tersebut diberi nama “Belajar membuang dan mendaur ulang minyak goreng”. Proyek ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2021 di RT.06/RW.03, Desa Sumurboto dan menyasar perempuan di rumah. Silaturahmi dan edukasi dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan prokes yang ketat dengan banyak perempuan mengatasnamakan RT.06 yang tinggal di shelter RT.

Minyak goreng merupakan limbah rumah tangga yang umum ditemukan di setiap rumah. Sampah ini seringkali dianggap tidak berguna dan berakhir di tempat pembuangan sampah kosong. Faktanya, minyak goreng yang sudah dipakai sebanyak tiga kali sudah tidak layak dikonsumsi karena panas dari proses memasak dapat menimbulkan zat karsinogen pada minyak goreng tersebut sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti stroke jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. . , penyakit jantung dan bahkan kanker. Oleh karena itu, minyak jelantah yang sudah tidak layak pakai sebaiknya dibuang atau didaur ulang. Namun sayangnya, belum banyak tempat khusus pembuangan minyak goreng di Indonesia. Lagi pula, sangat sedikit orang yang sering menumpahkan minyak goreng, misalnya di wastafel, di air, atau di tempatnya. Tindakan tersebut, disadari atau tidak, dapat berdampak pada lingkungan. Penggunaan minyak goreng secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan serius pada ekosistem perairan dan darat.

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Memanfaatkan kesempatan ini, mahasiswa Undip berencana memberikan pelatihan sekaligus mendampingi perempuan di rumah di RT.06/RW.03 Kecamatan Sumurboto untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan minyak goreng yang dapat mencemari lingkungan. Karena masih di tengah pandemi, silaturahmi banyak dilakukan secara tatap muka dengan ibu-ibu RT.06 dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bikin Lilin Aromaterapi Dari Minyak Jelantah, Caranya Mudah!

Media sosial berupa artikel dan informasi menarik juga dapat dimanfaatkan dalam hal ini. Buku ini berisi informasi cara membuang minyak goreng dan menggunakannya kembali untuk lilin aromaterapi agar tidak mencemari lingkungan.

Lihat Juga :  Cara Merawat Tanaman Hias Lidah Buaya

Pelaksanaan program diawali dengan laporan betapa berbahayanya penggunaan minyak goreng terhadap lingkungan dan cara menghilangkan minyak goreng agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. Ada banyak cara untuk membuang minyak goreng. Pertama, masukkan minyak goreng ke dalam wadah yang tidak bisa digunakan (seperti plastik), lalu tutup rapat agar minyak goreng tidak tumpah, dan buang ke tempat sampah. Cara lainnya adalah dengan mencampurkan minyak goreng dengan limbah lain seperti dokumen dan serbuk gergaji, lalu dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan dibuang ke tempat sampah. Maksudnya, ketika minyak goreng ditaruh di tempat sampah, ingatlah untuk menaruhnya rapat-rapat di wadahnya terlebih dahulu, jangan membuang minyak goreng hanya dengan menuangkannya ke tanah atau air ke badan, karena gunanya minyak goreng. dapat menyebarkan penyakit tersebut. ekosistem darat dan air.

Acara dilanjutkan dengan demonstrasi oleh mahasiswa Undip tentang cara mendaur ulang minyak goreng untuk dijadikan lilin aromaterapi. Daur ulang minyak goreng sendiri merupakan peluang untuk mengurangi limbah rumah tangga yang dapat merusak lingkungan. Daripada dibuang begitu saja, limbah tersebut bisa diubah menjadi produk yang berharga dan berharga.

Demonstrasi ini mendapat animo yang besar dari warga RT.06, mereka senang menyaksikan proses pengaplikasian minyak goreng. Menurut para perempuan, mendaur ulang minyak goreng merupakan hal baru karena sebagian besar dari mereka hanya menggunakan minyak goreng atau digunakan untuk membakar sampah. Selain itu menurut mereka, cara daur ulang ini sangat mudah karena alat dan bahannya mudah didapat di rumah.

Lilin Aromaterapi Dengan Wangi Harry Styles, Mau? Halaman All

Langkah-langkah penggunaan minyak goreng pada lilin aromaterapi sangat sederhana dan tidak memakan banyak waktu. Gunakan hanya minyak goreng yang sudah disaring, lilin/parafin bekas, krayon bekas, sumbu/kabel lilin, minyak atsiri, dan wadah lilin. Lalu panaskan minyak goreng dan gunakan lilin/parafin, gunakan crayon dan minyak atsiri, aduk hingga semuanya meleleh dan tercampur rata. Terakhir, tuangkan larutan lilin yang sudah disiapkan ke dalam wadah dan masukkan juga sumbu lilin. Untuk menyelesaikan proses pembuatannya, tonton video tutorial ini:

Dalam program “Belajar memanfaatkan dan mendaur ulang minyak goreng”, para ibu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam membuat lilin aromaterapi, juga dapat menjadi kebiasaan baru dalam pemanfaatannya yang bertanggung jawab dan sehat. Melihat potensinya, produk turunan kelapa sawit yang dijadikan minyak goreng atau lebih dikenal dengan minyak goreng yang digunakan untuk membuat lilin aromaterapi juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk masa depan RT.06 Perempuan Sumurboto.11 Feb 2021 19:33 2021 11 Feb 19 :33 Pembaruan: 11 Februari 2021 19:35 1982 1 0

Sumurboto, Kota Semarang (07/02/2021) Berapa jumlah minyak goreng yang digunakan sebuah keluarga per hari? Pernahkah Anda berpikir bahwa minyak jelantah ternyata sangat berbahaya bagi lingkungan? Adakah cara lain untuk mengurangi limbah minyak goreng? Tentu saja ada!

Lihat Juga :  Resep Makanan Sehat Untuk Anak Usia 1-3 Tahun Dengan Tinggi Kalsium

Dalam KKN yang dilaksanakan di seluruh tempat tinggal mahasiswa, salah satunya yang dilaksanakan di RT 01 RW 04 Kecamatan Sumurboto ini, Tim KKN I Undip Tahun 2021 mampu mendemonstrasikan mampu mengolah limbah minyak menjadi lilin aromaterapi. . solusi untuk mengurangi permasalahan lingkungan dengan menggunakan minyak goreng, proyek ini berlangsung pada hari Minggu 02.07.

Cari Lilin Aromaterapi? Ketahui Dulu 10 Jenis Lilin Aromaterapi Ini!

Saat ini isu lingkungan hidup semakin menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat internasional untuk melaksanakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yaitu pemanfaatan limbah domestik. Minyak jelantah merupakan limbah rumah tangga yang seringkali dibuang begitu saja tanpa didaur ulang karena dianggap tidak mempunyai nilai tambah. Penggunaan minyak goreng mengandung bahan kimia penyebab kanker yang dihasilkan selama memasak.

Jadi penggunaan minyak goreng yang terus menerus dapat membahayakan kesehatan masyarakat, menyebabkan penyakit kanker, dan dampak selanjutnya dapat menurunkan kecerdasan generasi mendatang. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan yang tepat agar limbah minyak dapat digunakan pada produk yang berbiaya lebih rendah. Pada kesempatan kali ini mahasiswa KKN Undip Kelompok I angkatan 2021 berdiskusi dan mendemonstrasikan cara pembuatan lilin aromaterapi yang dapat dibuat dengan cara memasak. limbah minyak.

Pemerintah menghimbau pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar konsultasi KKN Tim I Undip tahun 2021 kembali dihimbau untuk mematuhi pembatasan Ibu. Kediaman Sutikno sebagai Ny. RT 01 RW 04 Desa Sumurboto.

Sebelum pembuatan lilin aromaterapi terlebih dahulu disampaikan keterkaitan proses produksinya, secara singkat mengenai bahan apa saja yang akan digunakan nantinya dan bagaimana cara pembuatan lilin aromaterapi, hal ini dilakukan pada saat ada demonstrasi lilin aromaterapi. Bahan-bahannya harus disiapkan terlebih dahulu, ada 50 ml minyak goreng, 50 g parafin dan minyak atsiri.

Cara Membuat Lilin Sendiri Dengan Mudah, Modal Kapas!

Program KKN yang dilaksanakan di Desa Sumurboto yang memberikan informasi pembuatan lilin aromaterapi dengan menggunakan minyak goreng, mendapat pujian dari Ketua RT 01 Rw 04 Ibu. Sutikno. Hal ini terungkap dari kesediaan masyarakat untuk bertanya dan mendengarkan. Lilin bisa dibuat dari minyak goreng kan? tanya Ny. Sutikno. Kirana (21) menjelaskan, penggunaan minyak goreng 1 hingga 2 kali akan membuat lilin aromaterapi lebih efektif.

Acara pembuatan lilin aromaterapi ini dilaksanakan di lokasi induk RT 01 RW 04 Kelurahan Gedawanga Kota Semarang dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK RT 01 RW 04 yang mendapatkan kepuasan dan kepuasan dari ibu-ibu PKK. Meski presentasi ini tetap dilakukan sesuai aturan. kesehatan dan pembatasan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Lihat Juga :  Cara Membuat Sabun Mandi Alami

Keterkaitan pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah ini diharapkan mampu mengurangi permasalahan lingkungan akibat penggunaan minyak goreng yang terus menerus dan juga memberikan harapan agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan. Lilin aromaterapi – Bagi penderita insomnia, lilin aromaterapi bisa sangat membantu. Seperti namanya, lilin aromaterapi merupakan lilin yang dibuat dengan aroma yang menenangkan dan menyenangkan, salah satunya minyak esensial. Oleh karena itu, lilin aromaterapi sering digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi rasa cemas, lebih banyak tidur dan kebahagiaan.

Lilin aromaterapi ini tidak hanya menenangkan, tetapi juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman yang menyukai aromanya. Selain itu lilin aromaterapi sangat mudah didapat dan dibeli, namun sayangnya harga yang diberikan untuk lilin aromaterapi sangatlah mahal. Cara lainnya sob adalah dengan membuat lilin aromaterapi sendiri.

Jangan Sampai Salah Supaya Dapat Manfaatnya, Ini Tempat Yang Tepat Meletakkan Lilin Aroma Terapi

Membuat lilin aromaterapi sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Selain itu, anggaran pembuatan lilin aromaterapi dapat diubah dan ditingkatkan meskipun memerlukan usaha yang lebih. Apa saja bahan dan cara pembuatan lilin aromaterapi? Cari tahu cara melakukannya di sini!

Cara membuat lilin aromaterapi yang pertama, sobat perlu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat lilin aromaterapi:

Siapkan kotak lampu untuk menampung serutan lilin biasa. Ambil 3 sampai 4 buah lilin biasa dan serut dengan parutan atau teman-teman, bisa menggunakan pisau untuk memotong lilin seperti biasa. Potong semua lilin biasa menjadi potongan-potongan kecil. Sementara itu, pisahkan light wall saat benda mencapai dinding.

Siapkan panci atau mangkuk yang belum dipanaskan di atas kompor dan nyalakan kompor. Tempatkan semua potongan serpihan lilin dalam wadah untuk dicairkan atau dicairkan. Ingatlah untuk memisahkan piring yang digunakan untuk memasak, karena kandungan jerami sangat berbahaya.

Bukan Pakai Kopi, Ini Cara Bikin Lilin Pengusir Nyamuk Cuma Tambah 1 Bahan Dapur

Alternatifnya, Teman-teman bisa menggunakan cara masak dua panci. Dalam proses ini, Anda bisa merebus air di dalam panci seperti biasa

Membuat lilin aromaterapi, cara bikin lilin aromaterapi, cara membakar lilin aromaterapi, cara memakai lilin aromaterapi, bahan membuat lilin aromaterapi, cara buat lilin aromaterapi, cara pemakaian lilin aromaterapi, lilin aromaterapi, cara membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah, cara menggunakan aromaterapi lilin, cara mematikan lilin aromaterapi, cara penggunaan lilin aromaterapi

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Lilin Aromaterapi, semoga bisa menjawab keperluan info yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *