Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD K13 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Kali ini Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD K13 Tahun 2023 dapat Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2022 merupakan seperangkat alat yang harus dimiliki Guru untuk menunjang tugas sebagai tenaga pengajar di sekolah. Perangkat ini berupa komponen-komponen perencanaan, panduan mengajar, penilaian dan evaluasi peserta didik.

Perangkat Pembelajaran adalah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam satu ketika lebih efektif dan efisien. Perangkat Pembelajaran diantaranya antara lain, dinamakan dengan : RPP, Silabus, KKM, Prota (Program Tahunan). Promes (Program Semester). Pemetaan KD dan sebagainya.

Perangkat Pembelajaran adalah alat, media, atau bahan yang digunakan guru di kelas untuk mengembangkan pembelajaran melalui proses belajar mengajar.

Perangkat pembelajaran pada umumnya dapat berupa apa saja yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran, termasuk media, sumber daya, dan sebagainya. Alat ukur, buku teks, bagan, grafik, film strip, foto, infografis, kartu display, kartun, buku kerja siswa (LKPD), literatur instruksional, model/permainan pendidikan, peta konsep, perangkat lunak pendidikan, dan sumber belajar lainnya hanyalah beberapa contoh .

Guru dapat menggunakan berbagai perangkat pembelajaran selama proses belajar mengajar, sehingga mereka tidak perlu khawatir tidak dapat menemukan bahan pembelajaran yang tepat untuk siswanya. Guru dapat membuat sendiri perangkat pembelajaran di organisasi atau lembaga pendidikan, memungkinkan guru untuk memilih perangkat terbaik untuk kebutuhan dan konten.

Guru tentunya harus selalu up-to-date keahliannya dan terus meningkatkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran dengan berbagai instrumen pembelajaran tersebut. Lebih lanjut, berbagai alat peraga tersebut menuntut pendidik yang mampu memberdayakan seluruh sumber daya, sarana, dan prasarana sekolah.

Pembahasan

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi 2023

Tujuan Perangkat Pembelajaran Kelas 3

Adapun tujuan dari Perangkat Pembelajaran, diantaranya yaitu:

1. Menumbuhkan minat dan mengajak siswa untuk belajar.

2. Menyediakan media, sumber belajar, sarana dan prasarana.

3. Memberdayakan siswa serta mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan ketrampilan.

4. Mendayagunakan pendidikan

5. Menciptakan suasana belajar yang kondusif.

Pengadaan Perangkat Pembelajaran Kelas 3

Pengadaan perlengkapan pembelajaran adalah salah satu tugas dari personil pendidikan setempat, yang memiliki fungsi dan peranan penting dalam kegiatan pendidikan.

Perlengkapan pembelajaran merupakan alat bantu yang berguna dalam kegiatan proses pencapaian hasil belajar, dengan mengandung berbagai macam penunjang pembelajaran seperti buku teks, buku petunjuk, buku petunjuk kerja, alat pelengkap lainnya, serta perangkat pembelajaran lainnya.

Tujuan utama dari pengadaan perangkat pembelajaran adalah untuk memenuhi kebutuhan untuk proses pembelajaran yang melibatkan siswa, serta untuk mendukung kegiatan penilaian.

Download Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD K13

Berikut ini saya bagikan semua jenis perangkat pembelajaran yang digunakan di kelas III SD/MI. Silahkan download semua contoh filenya melalui link yang telah disediakan.

1. RPP Kelas 3 Format 1 lembar

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dapat diartikan sebagai suatu rencana atau cetak biru untuk melaksanakan kegiatan pendidikan. RPP 1 Lembar ini biasanya mencakup tujuan, sasaran, strategi, dan rencana untuk melaksanakan tujuan tersebut. Ini juga dapat mencakup langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan.

RPP Kelas 3 Semester 1

  • RPP Kelas 3 Tema 1
  • RPP Kelas 3 Tema 2
  • RPP Kelas 3 Tema 3
  • RPP Kelas 3 Tema 4

RPP Kelas 3 Semester 2

2. Silabus Kelas 3

Silabus merupakan ikhtiar yang menjelaskan bagaimana para pelajar harus memahami dan menghasilkan hasil yang diinginkan dalam suatu materi. Terdapat beberapa macam silabus yang berbeda-beda, mulai dari silabus yang berisi informasi seluruh materi, hingga silabus yang memuat outline kebutuhan belajar para pelajar dalam suatu materi. Silabus ini bisa digunakan sebagai model individual ataupun sebagai gugus untuk program.

Lihat Juga :  contoh piagam penghargaan lomba

3. Prota Kelas 3

Program Tahunan (Prota) merupakan program nasional yang membantu sekolah merencanakan dan melaksanakan kurikulum tahunan sekolah. Program ini memberikan bimbingan kepada guru tentang cara menggunakan kurikulum dan bahan ajar, dan memberikan informasi kepada orang tua tentang pendidikan anak-anak mereka.

4. Promes Kelas 3

Semester program adalah salah satu jenis semester pendidikan. Ini adalah blok waktu instruksional yang biasanya terdiri dari dua semester. Semester program biasanya memiliki durasi yang lebih lama daripada semester reguler dan dirancang untuk memberikan siswa pengalaman pendidikan yang lebih komprehensif. Semester program dapat digunakan untuk memberi siswa kesempatan belajar yang lebih mendalam atau untuk fokus pada bidang studi tertentu.

5. KKM Kelas 3

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah alat untuk menilai pembelajaran siswa di sekolah-sekolah Indonesia. Hal ini dirancang untuk memberikan pendidik dengan cara yang ringkas dan dapat diandalkan untuk menentukan apakah siswa telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan penting yang diperlukan untuk pencapaian akademik yang sukses. KKM didasarkan pada lima dimensi berikut: memahami, menerapkan, mencipta, mengevaluasi, dan mengomunikasikan.

6. Pemetaan KD Kelas 3

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) merupakan suatu kompetensi yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan dan ketrampilan seorang peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Pemetaan KD dapat digunakan untuk menentukan kebutuhan dan potensi peserta didik dalam bidang pendidikan, membuat program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, dan memberikan pelatihan dan keterampilan peserta didik.

7. Daftar Nilai Siswa Kurikulum 2013

Penilaian nilai siswa merupakan salah satu jenis penilaian yang sesuai untuk mengetahui tingkat kemampuan dan perkembangan siswa dan akan menjadi dasar untuk mengembangkan perencanaan pembelajaran dan penilaian pada tingkatan selanjutnya.

Lihat Juga :  RPP Kelas 3 Tema 5 Semester 2 Tahun 2022

Format:

8. Program Remedial dan Pengayaan Kurikulum 2013

Program remedial dan pengayaan dirancang untuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan remedial dan pengayaan bagi siswa yang berjuang di kelas mereka. Program ini juga memberikan dukungan bagi siswa yang mengalami kesulitan memenuhi persyaratan akademik sekolah mereka.

Format:

9. Jurnal Harian Guru

Selain hanya menjadi catatat semata, jurnal harian dapat berguna untuk melacak kemajuan para siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Setelah melakukan analisa terhadap semua rekan histori, nantinya Guru dapat melakukan tindakan lebih lanjut dengan tujuan menjadikan pembelajaran di masa mendatang lebih baik lagi.

Format:

10. Soal Penilaian Harian

Mengetahui kemampuan atau prestasi siswa lebih awal merupakan tindakan yang tepat, dengan demikian Guru dapat segera melakukan remedial terhadap siswa yang masih belum mampu mencapai nilai KKM. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan memberikan soal PH (penilaian harian) pada program penilaian harian.

Download:

Rekomendasi Perangkat Kelas Lain:

Penutup

Semua perangkat pembelajaran yang telah saya sampaikan di atas merupakan perangkat yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya, jadi sebaiknya setiap Guru harus mempersiapkan semuanya tidak boleh ada yang tertinggal. Untuk perangkat pembelajaran pendukung lainnya, saya akan bagikan sebagai update tulisan ini.

Demikian pembahasan mengenai Perangkat Pembelajaran Kelas 3 SD K13 Tahun 2023, mudah-mudahan bisa memenuhi keperluan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *