Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek

Posted on

Tujuh Media – Kali ini Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek bisa Anda ketahui pada artikel ini.

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek – Cara Menanam Anggrek – Tanaman hias sering kita jumpai di depan banyak rumah. Ada yang kecil dan ada pula yang sangat besar. Rumah menjadi indah dengan tambahan dekorasi di bagian depan. Selain itu suasana rumah akan terlihat lebih asri dan enak dipandang, sehingga ketika kita merasa lelah bekerja dan memandang ke depan rumah yang banyak dihias dengan tanaman maka rasa lelah tersebut akan hilang. Selain itu, sebagian orang memanfaatkan tanaman hias sebagai hobi.

Beberapa tanaman hias cocok dijadikan hobi untuk mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan. Tanaman lain yang cocok dijadikan hobi adalah menanam anggrek. Mengapa anggrek cocok dijadikan hobi?

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek

Hal ini dikarenakan bunga ini cantik dan enak dipandang dalam beberapa varietas yang cantik. Pesonanya membuat banyak orang kaget dengan kecantikannya. Jangan salah, hobi ini bisa mendatangkan penghasilan, salah satunya lewat budidaya anggrek.

Tips Merawat Tanaman Hias Jenis Anggrek

Sebelum kita mengetahui cara menanam bunga anggrek, ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang bunga anggrek. Dalam bahasa latin, anggrek disebut Orchidaceae. Kata anggrek dalam bahasa Yunani lebih dikenal dengan Orchis yang merupakan genus tumbuhan berbunga yang paling beragam.

Anggrek merupakan tumbuhan yang hidup di daerah tropis dan beriklim hangat, sehingga di beberapa negara yang beriklim hangat tanaman anggrek tumbuh lebih banyak dan banyak ditemukan.

Hingga saat ini, terdapat 1.000 genera dan sekitar 26.000 spesies anggrek yang tercatat di seluruh dunia. Indonesia merupakan negara tropis dengan tanah yang subur sehingga tanaman anggrek dapat ditemukan di Indonesia. Indonesia berada di peringkat kedua setelah Brazil sebagai negara dengan spesies anggrek terbanyak di dunia. Total ada 5.000-6.000 spesies anggrek yang tumbuh di Indonesia.

Anggrek hidup dengan memanjat tanaman lain (epifit). Namun, mereka tidak membahayakan tanaman inangnya. Sedangkan di negara-negara yang beriklim subtropis, anggrek tetap tinggal sebagai umbi di dalam tanah sebagai upaya adaptasi terhadap lingkungan yang dingin. Ciri-ciri tanaman anggrek antara lain :

Simak, 4 Penyebab Anggrek Layu Dan Solusinya Halaman All

Untuk memulai cara menanam bunga anggrek, kita harus mengetahui terlebih dahulu banyak jenis bunga anggrek yang sering ditanam oleh para pecinta tanaman hias. Di bawah ini adalah berbagai jenis anggrek yang laris manis dijadikan tanaman hias. Sebenarnya banyak sekali ragamnya, namun hanya sedikit spesies yang dapat disebutkan karena keindahannya dan keanekaragaman budidayanya.

Lihat Juga :  Cara Merawat Tanaman Hias Monstera

Dengan nama latin Paraphalaenopis Amabilis, anggrek ini merupakan yang paling populer dari semua jenisnya, sehingga budidaya jenis anggrek ini banyak dikembangkan, karena bunganya yang sangat indah dan memanjakan indra kita.

Spesies ini mudah ditemukan di wilayah Kalimantan Barat. Ciri yang paling menonjol adalah bentuk dan warnanya yang mirip dengan bulan di malam hari, sehingga disebut dengan anggrek bulan. Bunganya berwarna putih dengan corak merah dan kuning. Daun anggrek bulan berwarna hijau. Saat tumbuh, anggrek jenis ini hanya membutuhkan sinar matahari.

Namanya hampir sama dengan yang pertama, namun ada alasan mengapa spesies kedua ini disebut anggrek bulan bintang. Anggrek bintang bulan mempunyai daun yang berbentuk bintang lima dan bagian tengah gugus bintangnya berbentuk seperti bulan, sehingga anggrek ini dinamakan anggrek bintang bulan.

Menjaga Anggrek Merauke

Memiliki warna yang indah, perpaduan corak putih dan merah serta hijau pada tepi daun membuat para pecinta anggrek menjadikannya sebagai alternatif menanam anggrek selain anggrek bulan.

Jenis budidaya anggrek lain yang bisa dikembangkan adalah kumis halus atau nama latinnya Paraphalaenopsis Chamberlainiaum. Bentuknya mirip dengan tumbuhan.

Di dalam bunganya terdapat bulu-bulu yang memberi nama tambahan pada kumis di belakangnya. Warna bunganya termasuk kombinasi ungu dan hijau. Perpaduan kedua warna ini semakin menambah keindahan.

Punya nama khusus yaitu Ngebut, sesuai dengan nama sebuah hobi palsu yang dilakukan anak muda dengan mengendarai sepeda motor di atas rata-rata. Nama ras di sini tidak ada hubungannya dengan itu. Julukan Kebutan diberikan pada anggrek jenis ini karena penampilannya yang cantik.

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Anggrek

Nama latin anggrek ini adalah Ascocentrum miniatum. Sisi kelopaknya dipenuhi warna oranye. Anggrek jenis ini dilindungi pemerintah karena kini sudah langka. Bagi yang baru mulai menanam anggrek jenis ini berhati-hatilah karena perawatannya sulit.

Mendengar nama Hartina mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namanya sendiri diambil dari nama ibu negara presiden kedua Indonesia, Soeharto, yang memiliki seorang istri bernama Hartinah atau dikenal dengan Tien Soeharto. Itulah sebabnya mengapa anggrek jenis ini dinamakan Hartinah, karena beliau turut andil dalam produksi anggrek ini, sehingga namanya tidak akan mati seperti nama anggrek jenis ini.

Dengan nama latin Cymbidium Hartinahianum, warna ungu cemerlang terlihat pada bunganya dengan nuansa krem ​​​​yang membuatnya cantik. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai warna ungu untuk membudidayakan anggrek jenis ini.

Lihat Juga :  Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Pada tahun 1882, anggrek pensil dianugerahi gelar ratu anggrek oleh pemerintah Inggris. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan keindahannya yang sangat berbeda dengan warna putih dan ungu. Di Indonesia, anggrek jenis ini sudah langka sehingga bagi yang ingin menanam anggrek ini harus berpikir dua kali. Lokasinya berada di wilayah Bengkulu. Cara tumbuh bunga pensil adalah dengan memanjat bunga lili. Nama ilmiahnya adalah Vanda Hookeriana.

Rahasia Merawat Bunga Anggrek, Ternyata Ada Triknya

Tebu merupakan tanaman yang bentuknya tinggi, sama seperti anggrek jenis ini. Anggrek gula merupakan bunga yang besar, berat dan besar dari jenisnya. Bobotnya diperkirakan mencapai 1 ton dan panjangnya hampir 3 meter. Saat ini lebar anggrek gula mencapai 1-2 meter dengan nama ilmiah Grammatophyllum Speciosum. Bisa dibayangkan betapa besarnya. Bagi yang menyukai tampilannya, budidaya anggrek batang tidak salah untuk dikembangkan.

Selain mengetahui jenis-jenis anggrek, mereka yang mulai menanam anggrek juga harus memahami di mana ia bisa tumbuh. Ada 4 jenis tempat tumbuhnya bunga anggrek, yaitu:

Anggrek super merupakan anggrek yang hidup di dalam tanah seperti tanaman pada umumnya. Jenis terestrial cocok ditanam pada tanah kering atau agak lembab. Sinar matahari sangat penting untuk menumbuhkan nutrisi dari akar dengan mengambil makanan dari tanah. Contoh tanaman anggrek yang tumbuh di tanah adalah Phaius Sp.

Berbeda dengan anggrek terestrial yang hidup di tanah, anggrek epifit hidup dengan memanjat tanaman atau pohon lain. Namun tanaman yang ditinggalinya tidak dirugikan karena anggrek tersebut tidak bersifat parasit atau mengambil makanan dari inangnya.

Tips Merawat Bunga Anggrek Supaya Cepat Berbunga

Sedangkan anggrek terestrial membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh, berbeda dengan anggrek epifit yang tidak membutuhkan sinar matahari. Sumber makanan bagi tumbuhan epifit berasal dari udara, air hujan dan kabut di lingkungan. Anggrek lain yang hidup pada tumbuhan lain antara lain Anggrek Vanda (Vanda Sp), Cattleya Sp, Dendrobium Sp, dan lain-lain.

Beberapa tumbuhan dapat hidup di bebatuan atau tanah berbatu seperti lumut. Begitu pula dengan anggrek litofit yang juga bisa hidup seperti ini. Anggrek jenis ini menyukai sinar matahari meski tidak terlalu membutuhkannya. Hal ini dikarenakan sumber makanannya berasal dari hujan, angin atau humus. Tanaman Anggrek yang bersifat lithophytes Paphiopedilum Sp.

Lingkungan terakhir tempat tumbuhnya anggrek bersifat saprofit. Anggrek saprofit tumbuh pada media yang mengandung humus atau pada media yang memiliki daun kering. Spesies ini hanya membutuhkan sedikit sinar matahari untuk tumbuh, karena anggrek saprofit tidak memiliki daun dan klorofil. Jenis anggrek saprofit lainnya adalah Goodyera Sp.

Kultur jaringan adalah metode perbanyakan tanaman modern. Teknik ini dilakukan dengan cara membelah bagian-bagian tanaman seperti daun, tunas, biji dan menumbuhkan bagian-bagian tersebut secara artifisial, ditempatkan dalam wadah yang tertutup dan fleksibel, sehingga bagian-bagian tanaman tersebut dapat berkembang biak. diri mereka sendiri dan mereproduksi seluruh tanaman. Kultur jaringan mempunyai banyak keunggulan antara lain : Waktu yang dibutuhkan singkat Investasi yang dibutuhkan lebih murah Kesehatan dan kualitas benih lebih terjamin Dapat diproduksi secara masal. bagi anda yang belum memahami bioteknologi.Buku ini mengupas seluk beluk teknik reproduksi anggrek melalui kultur jaringan (Teknik In Vitro) dalam skala domestik, cocok untuk digunakan di rumah.

Lihat Juga :  Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

Penyebab Batang Anggrek Menguning Dan Cara Mengatasinya Halaman All

Anggrek kerap dipilih sebagai bunga favorit untuk penghias taman dan ruangan. Daya tarik terbesarnya ada pada bunganya yang beraneka ragam, indah dan tahan lama. Namun jangan heran jika bunga yang Anda tunggu-tunggu sering kali tidak kunjung muncul. Pasalnya, ada banyak alasan. Buku praktis ini mengupas tuntas semua faktor penyebab anggrek Anda berbunga, serta dilengkapi dengan strategi praktis mengatasinya dan cara menghidupkan kembali bunganya. Anda juga bisa menemukan kesalahan umum dalam perawatan bunga anggrek.

Dari informasi di atas kita sudah mengetahui banyak detail tentang spesiesnya, cara tumbuhnya, dan dimana anggrek tumbuh. Lalu, bagaimana cara menanam anggrek agar mendapat keuntungan dan dijadikan alternatif bisnis? Lihat cara menanam anggrek di bawah ini.

Bibit anggrek yang baik terlihat dari ciri-cirinya yaitu batang induknya kuat, daun dan bunganya tumbuh lebat, serta proses pertumbuhannya cepat dan cepat. Cara menanam bibit anggrek ada dua, yaitu secara alami dan dengan bantuan manusia. Khusus untuk penanaman dengan bantuan orang, cara mendapatkan bibit anggrek yang berkualitas dapat dilakukan:

–      Larutkan 50 ml pupuk organik cair jenis GDM khusus tanaman hias dalam 2 liter air.

Jual Buku Bacaan Pertanian

Jika cara pemilihan benih dengan cara di atas dirasa kurang efisien dan tidak efisien, maka membeli benih dapat dipilih sebagai salah satu alternatifnya. Harga bibit anggrek

Merawat tanaman anggrek, cara merawat tanaman hias begonia, harga tanaman hias anggrek, tanaman hias anggrek, cara merawat tanaman hias aglonema, tanaman hias bunga anggrek, cara merawat tanaman anggrek, cara merawat tanaman hias asparagus, cara merawat tanaman hias indoor, cara merawat tanaman hias, cara merawat tanaman hias kaktus, cara merawat tanaman hias daun

Dicukupkan sekian dulu artikel mengenai Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek, semoga dapat menjawab kebutuhan info yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *