Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 Tahun 2022

Posted on

Tujuh Media – Pembahasan mengenai Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 Tahun 2022 bisa Anda temukan pada artikel ini.

Tujuh Media – Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2022 merupakan pokok berpikir untuk mengembangkan kurikulum, perencanaan pembelajaran, dan penguasaan materi pelajaran.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) merupakan kegiatan penjabaran yang terintegrasi dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mencapai kemampuan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Kegiatan penjabaran ini dilakukan dengan memperhatikan kemampuan siswa yang telah ditetapkan dalam perspektif makna dan hasil belajar siswa.

Penjabaran dalam pemetaan KD ini digunakan untuk mengetahui tingkat pencapaian kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi dasar sesuai dengan kriteria pencapaian kompetensi. Hasil penilaian Kompetensi Dasar disusun atas dasar penguasaan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dan didefinisikan.

Kompetensi merupakan komponen dari konten tolok ukur prestasi siswa dalam pembelajaran sekolah dasar (SD) formal. Pengetahuan dan keterampilan bukanlah satu-satunya hal yang dapat dicapai. Namun, ia menampilkan pengembangan karakter.

Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 memuat lima karakter kunci, yaitu: Prinsip-prinsip agama yang menunjukkan ketuhanan Yang Maha Esa. Penghormatan terhadap Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, cinta tanah air, dan kebangsaan adalah cita-cita yang diasosiasikan dengan nasionalisme. Mandiri: percaya diri, tangguh, inventif, dan kreatif. Nilai gotong royong meliputi ketangguhan, kebersihan, dan toleransi. Nilai-nilai integritas termasuk kesopanan, memimpin dengan memberi contoh, dan menghormati janji.

Pemetaan ini mencakup Pemetaan Aspek Spiritual KD KI-1 ; Pemetaan Aspek Sosial KD KI-2 ; Pemetaan Aspek Pengetahuan KD KI-3 ; Pemetaan Aspek Keterampilan KD KI-4.

Download Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2

Proses penjabaran bagian-bagian kemampuan yang menjadi target pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi berupa spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan dikenal dengan pemetaan KD (Kompetensi Dasar).

Lihat Juga :  RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Tahun 2023

Sehingga dapat ditunjukkan kompetensi apa yang akan diperoleh siswa Kelas 5 nantinya selama pengembangan kegiatan pembelajaran semester genap.

Indikator tersebut kemudian diubah menjadi tujuan pembelajaran pada fase terakhir. Sehingga guru dapat merancang pendekatan yang efektif untuk mencapai masing-masing kompetensi tersebut dengan siswanya.

Anda dapat melihat betapa sulitnya tugas-tugas yang harus dilakukan guru sebelum tahun ajaran baru dimulai dari pernyataan sebelumnya. Untuk itu di sini saya sediakan format contoh pemetaan KD yang dapat digunakan :

Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2Unduh File

Selanjutnya setelah memetakan KD Kelas 5 Semester 2 ke dalam rumusan indikator, guru akan mendeskripsikannya. Dalam hal penerapannya sebagai metrik khusus untuk menilai prestasi siswa,
Menurut taksonomi Bloom, penanda adalah kata kerja operatif.

Miliki juga:

Kesimpulan

  • Proses penjabaran bagian-bagian kemampuan yang menjadi target pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi.
  • Penjabaran dalam pemetaan KD ini digunakan untuk mengetahui tingkat pencapaian kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi dasar sesuai dengan kriteria pencapaian kompetensi
  • Pemetaan KD merupakan salah satu bagian penting dari perangkat pembelajaran Kelas 5.

Demikian pembahasan tentang Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 Tahun 2022, semoga dapat memenuhi keperluan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *