Promes Kelas 3 Semester 2 Tahun 2022

Posted on

Tujuh Media – Kali ini Promes Kelas 3 Semester 2 Tahun 2022 bisa Anda dapatkan pada artikel ini.

Tujuh Media – Promes Kelas 3 Semester 2 Revisi Tahun 2022 adalah program pengajaran satu semester dimana peserta didik diharapkan menguasai informasi, sikap, dan kemampuan secara utuh selama waktu tersebut.

Program Semester merupakan bagian dari administrasi perangkat pembelajaran kelas 3 yang harus selalu disediakan terutama ketika menjelang awal tahun pelajaran, baik itu di semester satu maupun dua.

Promes K13 Kelas 3 SD digunakan sebagai rincian rencana yang harus dilaksanakan oleh Guru ketika mengajar dalam kurun waktu satu semester.

Program Semester dibuat berdasarkan Prota yang tersedia, hal ini dikarenakan semua data yang dibutuhkan untuk penyusunan dan pengembangan promes semua sudah tertulis di dalam program tahunan.

Tugas Guru Kelas 3 SD memiliki tugas cukup banyak dalam melengkapi administrasi pembelajaran, dimulai dengan membuat Silabus, KKM, Prota Kelas 3, RPP 1 Lembar, Pemetaan KD hingga Promes.

Semua administrasi tersebut sangat penting untuk membuat sebuah perancanaan yang matang, efektif dan efisien. Maka dengan demikian Pendidikan yang berkualitas dapat terwujudkan.

Apa itu Promes?

Program semester adalah rencana yang menjabarkan apa yang harus dilakukan dan dicapai dalam satu semester tertentu. Program semester ini merupakan perpanjangan dari program tahunan.

Satuan waktu terkecil (satuan semester) digunakan untuk menggambarkan lamanya suatu program pendidikan dalam program pendidikan semester. Setiap program semester mandiri dan lengkap. Semua materi kegiatan program semester yang ditawarkan harus sudah selesai dilaksanakan pada setiap akhir semester, dan mahasiswa yang mengikuti program tersebut dapat dinyatakan lulus atau tidak lulus.

Lihat Juga :  Silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022

Apabila Guru tidak menyusun Program Semester untuk pembelajaran maka akan timbul risiko keterlambatan materi muncul dari kegagalan siswa dalam memahami materi yang ditawarkan, memaksa guru untuk mengulang materi untuk menyelesaikan kelas yang diajarkannya. Akibatnya, waktu yang diberikan untuk materi tersebut akan bertambah, dan ini akan berdampak pada SK dan KD lainnya.

Fungsi Promes Kelas 3 Semester 2

Salah satu alasan kenapa Program Semester harus dibuat adalah karena promes memiliki banyak fungsi untuk menjadikan kegiatan pembelajaran lebih mudah dilaksanakan. Adapun beberapa fungsi yang dapat saya sampai di bawah ini:

  • Kerangka esensial untuk mengatur tugas dan wewenang setiap orang yang terlibat dalam pembelajaran adalah Program Semester.
  • Sebagai komponen pengumpulan data dan keseimbangan kerja.
  • Sebagai ukuran seberapa efektif proses pembelajaran.
  • Karena semuanya telah tertata dengan baik, guru dapat menghemat tenaga, waktu, uang, dan sumber bantuan belajar.

Dari ke empat fungsi di atas tersebut sebenarnya masih banyak lagi fungsi-fungsi lain yang dapat memberikan kemudahan terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam mencapai tujuan dan kompetensi. Tetapi hal tersebut akan saya bahas di lain artikel yang membahas secara lengkap tentang Program Semester.

Download Promes Kelas 3 Semester 2

Meskipun Anda dapat membuat Program Semester secara mandiri, tidak ada salahnya saya bagikan contoh promes versi revisi terbaru ini dengan harapan bisa membantu rekan-rekan Guru dalam mempersiapkan dan melengkapi perangkat pembelajaran hemat waktu serta tenaga. Silahkan download filenya melalui tautan yang ada pada tabel di bawah :

Program Semester Kelas 3 Semester 2Unduh
SampulUnduh

Format program Semester kelas 3 SD Kurikulum 2013 yang saya bagikan di atas berekstensikan .xlsx. Dengan demikian, Anda dapat mengeditnya menggunakan Software Miscrosoft Office Excel. Pengeditan dilakukan dengan tujuan memperbaiki dan menyesuaikan isian data yang diperlukan.

Lihat Juga :  Promes Kelas 2 Semester 1 Tahun 2022

Jangan sampai terlewatkan:

Kesimpulan

  • Promes K13 SD Kelas 3 berfungsi sebagai komponen pengumpulan data dan keseimbangan kerja.
  • Program Semester dapat digunakan sebagai ukuran seberapa efektif proses pembelajaran.
  • Rencana kegiatan pengajaran akan tertata dengan baik, maka guru dapat menghemat tenaga, waktu, uang, dan sumber bantuan belajar.

Demikian informasi tentang Promes Kelas 3 Semester 2 Tahun 2022, semoga bisa memenuhi keperluan informasi yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *