Silabus Kelas 3 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Pembahasan mengenai Silabus Kelas 3 Semester 2 Tahun 2023 bisa Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Silabus Kelas 3 Semester 2 Revisi Tahun 2022 dapat digunakan oleh semua Guru kelas III SD/MI untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kelas 3 lainnya dan pembelajaran akan lebih terarah akibat penyusunan silabus, seperti apa yang harus dipelajari dan jenis kompetensi yang harus dicapai.

Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang terorganisir secara sistematis untuk pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menggabungkan komponen yang saling berhubungan untuk memperoleh penguasaan kompetensi dasar.

Silabus Kelas 3 Semester 2 dapat dikembangkan oleh Guru kelas III SD di suatu sekolah atau banyak sekolah, Kelompok Permusyawaratan Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan secara atau berkelompok.

Merumuskan langkah-langkah pencapaian kompetensi, serta menyusun indikator pengembangan berdasarkan karakteristik siswa, mata pelajaran, remunerasi, dan dispensasi, merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan silabus.

Saat ini kebijakan untuk membuat Silabus Kelas 3 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 masih merujuk kepada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 terkait Standar Proses Sekolah Dasar dan Menengah. Kebetulan di sini saya akan bagikan juga format Silabus hasil revisi terbaru.

Format Silabus Kurikulum 2013

Silabus K13 juga dapat dianggap sebagai penggabungan kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam mata pelajaran/sumber belajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator penilaian pencapaian kompetensi. Silabus berkembang menjadi seperangkat rencana dan pengaturan untuk kegiatan pembelajaran, administrasi kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus Kelas 3 Semester 2 disusun berdasarkan beberapa komponen, apa saja komponen tersebut? Berikut ini komponen-komponen tersebut:

Lihat Juga :  Prota Kelas 4 Kurikulum 2013 Tahun 2022
  • Kompetensi Inti, Pengembangan Kompetensi mengacu pada kemampuan siswa untuk memenuhi Standar Kompetensi Lulusan, yang diwajibkan pada setiap jenjang kelas atau program.
  • Kompetensi Dasar, kemampuan untuk memperoleh Kompetensi Inti yang harus diperoleh siswa melalui pembelajaran.
  • Indikator Pembelajaran, pengukuran, kualitas, dan proses yang menentukan pencapaian suatu Kompetensi Dasar dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat dinilai, seperti mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menceritakan, menyimpulkan, mempraktikkan, mendeskripsikan, dan menunjukkan.
  • Mata Pelajaran.
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik), Faktor-faktor berikut harus diperiksa saat menentukan materi yang paling penting untuk mencapai kompetensi dasar. Potensi siswa. Tingkat pertumbuhan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa, serta fitur geografis. Siswa akan diuntungkan. Struktur ilmu. Kualitas, kedalaman, dan keluasan sumber belajar semuanya penting. Persyaratan pelajar dan tuntutan lingkungan keduanya diperhitungkan.
  • Penilaian Pembelajaran, Tes dan non tes dalam bentuk tertulis dan lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil kerja berupa tugas, proyek, dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri semuanya digunakan dalam proses penilaian.
  • Alokasi Waktu, Jumlah kompetensi inti, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan kepentingannya semuanya diperhitungkan saat mengalokasikan waktu. Jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran setiap minggu digunakan untuk menentukan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar.
  • Sumber Belajar, Sumber belajar dipilih berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta indikator mata pelajaran/materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Download Silabus Kelas 3 Semester 2

Setelah anda membaca beberapa penjelasan di atas, maka sekarang saya persilahkan untuk mendownload semua format Silabus Kurikulum 2013 kelas III Semester genap berikut ini. Silabus yang saya bagikan ini sudah dipisah berdasarkan masing-masing Tema.

Silabus Tema 5Download
Silabus Tema 6Download
Silabus Tema 7Download
Silabus Tema 8Download
SampulDownload

Lengkapi juga dengan:

Lihat Juga :  RPP Kelas 5 Tema 7 Semester 2 Tahun 2023

Dengan melakukan penyusunan Silabus Kelas 3, maka semua perangkat pembelajaran dapat dibuat dan dikembangkan secara kompleks. Hal tersebut akan menjadikan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sesuai perangkat pembelajaran dapat berjalan secara teratur.

Kesimpulan

  • Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang direncanakan secara sistematis untuk pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang mengintegrasikan komponen yang saling terkait untuk mengembangkan penguasaan kompetensi dasar.
  • Guru kelas III Sekolah Dasar di satu sekolah atau lebih, Kelompok Permusyawaratan Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan dapat menyusun silabus Kelas 3 untuk Semester 2 secara individu atau kelompok.
  • Salah satu tugas dalam pembuatan silabus adalah merumuskan langkah-langkah pencapaian kompetensi, serta menyusun indikator pengembangan berdasarkan profil siswa, mata pelajaran, gaji, dan dispensasi.

Dicukupkan sekian dulu artikel tentang Silabus Kelas 3 Semester 2 Tahun 2023, semoga bisa memenuhi kebutuhan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *