Silabus Kelas 4 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Informasi tentang Silabus Kelas 4 Semester 2 Tahun 2023 dapat Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Menyusun Silabus Kelas 4 Semester 2 Revisi Tahun 2022 dapat dilakukan oleh setiap Guru di masing-masing sekolah tempat bertugas. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya melengkapi perangkat pembelajaran kelas 4 yang senantiasa harus selalu dipersiapkan untuk menempuh kegiatan belajar mengajar di semester genap.

Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang terorganisir secara sistematis untuk pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menggabungkan komponen yang saling berhubungan untuk memperoleh penguasaan kompetensi dasar.

Silabus juga dapat diartikan sebagai rencana pembelajaran yang terdiri dari Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, topik/materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar untuk suatu mata pelajaran dan/atau kumpulan mata pelajaran atau tema tertentu.

Peranan Silabus K13 di Dunia Pendidikan

Salah satu tanda bahwa pendidikan telah maju pesat dari dulu hingga sekarang adalah pengembangan kurikulum pendidikan yang secara berkala disesuaikan dengan kecenderungan peradaban zaman. Di masa lalu, kurikulum hanya menetapkan bahwa guru harus melakukan segala kemungkinan dan bahwa instruktur harus paling aktif di kelas.

Kurikulum diberikan setelah perubahan dilakukan untuk memudahkan siswa, bukan hanya pendidik. Siswa yang aktif di dalam kelas dan di luar kelas diharapkan dapat memberikan dampak yang baik.

Salah satu efek dari posisi ini adalah siswa lebih sadar akan tugas pendidikannya, termasuk belajar secara aktif dan mandiri. Karena siswa, bukan orang lain, yang menentukan cerdas atau tidaknya dia.

Guna mencapai hal di atas, penyusunan Silabus Kelas 4 Semester 2 ini bisa menjadi langkah untuk mewujudkannya. Sesuai dengan fungsinya, Silabus menjadi tolak ukur dalam mengembangkan rencana pembelajaran.

Lihat Juga :  Silabus Kelas 5 Semester 2 Tahun 2023

Silabus bisa Anda buat dengan mengacu kepada beberapa komponen sebagai berikut:

  • Kompetensi Inti,
  • Kompetensi Dasar,
  • Indikator Pembelajaran,
  • Mata Pelajaran,
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik),
  • Penilaian Pembelajaran,
  • Alokasi Waktu,
  • Sumber Belajar,

Jika anda belum memiliki atau ingin menggunakan Silabus Kelas 4 hasil revisi terbaru, kebetulan sekali sebab saya sudah membagikannya dan bisa didownload secara lengkap serta gratis di bagian bawah berikut ini.

Download Silabus Kelas 4 Semester 2

Setelah mengunduh Silabus Kelas 4 Semester 2 ini saya berharap Anda akan lebih mudah menentukan arah pembelajaran dari hari ke hari jika Anda membuat silabus. Karena jika materi tidak terarah, mungkin penyampaiannya lebih lambat daripada di lembaga lain, membuat siswa tidak dapat menunjukkan kompetensi dasar dalam waktu yang ditentukan.

Silabus Tema 6Download
Silabus Tema 7Download
Silabus Tema 8Download
Silabus Tema 9Download
SampulDownload

Silahkan unduh semua Silabus Kelas 4 pada semester genap melalui tabel yang sudah disediakan pada tabel bagian atas sesuai tema yang dibutuhkan. Anda dapat mengeditnya menggunakan Aplikasi MS. Office Word untuk mengembangkannya sesuai kondisi di sekolah.

Miliki juga:

Penyusunan pembelajaran tematik Silabus Tematik K13 lebih menekankan pada aktivitas belajar siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini kemudian akan memberikan harapan kepada siswa bahwa mereka akan dapat lebih memahami setiap fenomena atau tindakan kehidupan nyata.

Kesimpulan

  • Silabus adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang direncanakan secara sistematis untuk pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang mengintegrasikan komponen yang saling terkait untuk mengembangkan penguasaan kompetensi dasar.
  • Penciptaan Lingkungan Belajar Tematik Silabus Tematik lebih menekankan pada kegiatan belajar siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Dicukupkan sekian dulu artikel mengenai Silabus Kelas 4 Semester 2 Tahun 2023, semoga bisa memenuhi keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *