Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya Cara Membuat Hand Sanitizer Alami bisa Anda dapatkan pada tulisan ini.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami – 25 Januari 2022 27 Januari 2022 #covid19, #DaunSirih, #HandSanitizer, #TeamIUNDIP2022, #UNDIP2022, #KotaSemarang, #LPPMundip, #P2, #Pedurungan, #TlogosaiKulon, #undip, #Diponeroyodra, #DiponeraYo, #Universitas , #DiponeuKulon Brians adalah PotensiDesa

Semarang (25/01/2022) – Penularan langsung Covid-19 dapat terjadi melalui kontak langsung seperti sentuhan. Sentuhan biasanya dilakukan dengan tangan. Jadi virus Covid-19 yang ada di tangan bisa dengan mudah menular dari satu orang ke orang lain, atau dari satu tempat ke tempat lain, hanya dengan menyentuh tangan saja. Oleh karena itu, untuk meminimalisir penyebaran dan penyebaran virus Covid-19, jagalah kebersihan tangan dengan baik dan rutin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun dengan air mengalir selama kurang lebih 20 detik. Namun terkadang kita sedang bepergian atau menjalankan tugas dan sulit menemukan toilet dan tempat mencuci tangan. Oleh karena itu, penggunaan hand sanitizer bisa menjadi solusi untuk membersihkan tangan dari bakteri yang menempel.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alami

Hand sanitizer seringkali menggunakan bahan kimia yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Contoh pembersih tangan berbahan kimia adalah dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit. Oleh karena itu perlu dicari hand sanitizer berbahan alami yang harganya relatif murah, aman, efektif, dan mudah didapat. Beberapa tumbuhan diketahui mengandung berbagai zat aktif penghambat pertumbuhan bakteri yaitu saponin, flavonoid dan minyak atsiri, serta memiliki ciri khas bau yang menyengat, salah satunya daun sirih.

Cara Membuat Disinfektan Sendiri Dari Bahan Cairan Pemutih Halaman All

Tanaman pinang merupakan tanaman yang banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Tanaman ini termasuk dalam famili Paperaceae dan ditanam pada tanaman merambat dan di pembibitan. Bagian tertentu dari tanaman pinang, seperti akar, biji, dan daun, mempunyai potensi sebagai obat. Namun, daunnya paling sering digunakan sebagai obat. Daun sirih mengandung flavonoid, polifenol, tanin dan minyak atsiri. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung minyak atsiri yang bersifat perkecambahan sehingga diperlukan untuk mencegah tumbuhnya bakteri penyebab penyakit. Daun sirih juga mempunyai sifat antiseptik, antioksidan dan antiseptik

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia S.) merupakan tanaman yang banyak terdapat di masyarakat dan banyak digunakan sebagai tanaman tradisional maupun dalam campuran sebagai bumbu atau aroma. Selain digunakan sebagai penyedap rasa, jeruk nipis juga mengandung senyawa bermanfaat, seperti minyak atsiri yang disebut flavonoid, yang memiliki sifat antibakteri, menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus (mikroba pada kulit), dan memiliki aroma yang khas. Selain itu, jeruk mengandung antioksidan yang mencegah oksidasi pada makanan.

Lihat Juga :  Cara Membuat Sabun Mandi Alami

Selain itu, daun sirih dan jeruk nipis merupakan bahan baku yang melimpah di masyarakat, biaya produksinya rendah, dan mengandung senyawa bioaktif yang efektif menghambat pertumbuhan mikroorganisme atau mematikannya. Oleh karena itu, ekstrak daun sirih yang dicampur dengan ekstrak jeruk nipis merupakan kombinasi yang tepat untuk membuat hand sanitizer alami.

Minimnya informasi masyarakat mengenai penggunaan dan penggunaan bahan-bahan alami sebagai pembersih tangan (antiseptik) menjadi dasar pelaksanaan rencana ini. Masyarakat masih belum mengetahui manfaat sirih dan daun peepal sebagai antiseptik, sehingga kedua bahan alami tersebut hanya digunakan untuk keperluan kuliner dan/atau pengobatan.

Pusat Informasi Inovasi Daerah (pindah) Provinsi Jawa Tengah

Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya upaya edukasi mengenai produksi hand sanitizer alami dari daun sirih. Yuki Milendra Febriansyah, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro, mengikuti proyek Kuliah Kerja Nyata Tim 1 Undip () 2021/2022 dan sedang melaksanakan proyek karya edukasi pembuatan hand sanitizer alami dengan menggunakan daun sirih. Kampanye tersebut menyasar warga sekitar lingkungan mikro Tlogosari Kulon. Rencana kerja yang sedang berjalan adalah produksi produk pembersih tangan daun sirih yang akan didistribusikan kepada masyarakat dan masyarakat dapat membuatnya sendiri.

Pada acara ini juga disiapkan hand sanitizer alami dari daun sirih. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer ini adalah daun sirih, jeruk nipis dan air mendidih. Untuk membuat hand sanitizer, Anda perlu mengekstrak daun sirih dengan cara merebusnya. Air rebusan tersebut kemudian disaring. Kemudian saring dan buat campuran ekstrak daun sirih 15%, air jeruk nipis 8% dan larutkan dengan air mendidih hingga halus. Kandungan ekstrak daun sirih lebih dari 15% setara dengan kandungan alkohol dan etanol, serta dapat digunakan sebagai bahan pembuatan hand sanitizer.

Hand Sanitizer Daun Sirih Alami hadir dalam botol semprot 100ml. Produk ini juga diberi tanda pada kemasannya. Label pada kemasan mencantumkan langkah-langkah membuat hand sanitizer alami daun sirih. Oleh karena itu, setelah produknya habis, masyarakat bisa membuat sendiri hand sanitizer daun sirih dengan mengikuti petunjuk pada label kemasan hand sanitizer. Hand sanitizer tersebut kemudian dibagikan kepada warga sekitar di wilayah Desa Tlogosari Kulon.

Selain pembuatan hand sanitizer dan label berisi langkah-langkah pembuatan hand sanitizer alami daun sirih, juga telah diproduksi video tutorial pembuatan hand sanitizer alami daun sirih. Video tutorial pembuatan hand sanitiser alami daun sirih telah diunggah ke YouTube [LINK] untuk memudahkan masyarakat memahami cara membuat hand sanitiser alami daun sirih dan dapat diakses oleh masyarakat luas.

Lihat Juga :  Cara Membuat Slime Tanpa Lem Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema Merah

Mahasiswa Undip Lakukan Sosialisasi Pembuatan Hand Sanitizer Dari Lidah Buaya

Kami berharap setelah adanya acara ini, warga Desa Tlogosari Kulon dapat lebih mudah menjaga kebersihan tangan minimal bebas virus. Hand sanitizer ini terbuat dari bahan-bahan organik yang mudah ditemukan di masyarakat. Dalam membagikan hand sanitizer ini, penulis menghimbau masyarakat untuk juga mengisi botol hand sanitizer daun sirih jika terkena zat-zat yang mudah ditemukan di lingkungan. Kelurahan Banzaldowo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang (28). /01/2022) – Saat ini angka kasus penularan COVID-19 di Indonesia terus meningkat akibat munculnya varian baru COVID-19 bernama OMICRON yang menandakan bahwa epidemi belum berakhir. Upaya preventif tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun juga kesadaran masyarakat. Upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan 5M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan membatasi pergerakan).

Kebanyakan masyarakat saat ini sudah jarang menggunakan 5M, salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Sehingga hal tersebut menginspirasi mahasiswa TIM I UNDIP Glen Faishal Hanif untuk membuat rencana kerja yang dapat mencegah penyebaran COVID-19 di masa pandemi yang kini kembali meningkat, yaitu dengan membuat hand sanitizer alami dari bahan dasar daun sirih, jeruk nipis, dan lidah buaya. Dapat dipakai hampir di mana saja dan digunakan kapan saja.

Bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan di lingkungan kita. Daun sirih mengandung flavonoid, polifenol, tanin, minyak atsiri, dll yang dapat membunuh bakteri dan jamur serta memiliki efek antioksidan. Oleh karena itu jeruk nipis mengandung komponen kimia seperti flavonoid, alkaloid, tanin, minyak atsiri dan saponin yang memiliki efek antibakteri. Lidah buaya dikenal sebagai tanaman penyembuh yang mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan tanin yang memiliki sifat pembersihan dan antiseptik.

Caranya sangat sederhana, pertama cuci daun sirih dengan air mengalir lalu keringkan. Kedua, timbang 50 gram atau 18-20 lembar daun sirih, potong kecil-kecil daun sirih lalu masukkan ke dalam cangkir/wadah tahan panas. Langkah 3: Panaskan 200 ml air hingga mendidih, lalu tuang air mendidih tersebut ke dalam cangkir/wadah berisi daun sirih. Keempat, letakkan cangkir/wadah daun sirih ke dalam panci berisi air mendidih. Kelima, kukus daun sirih dengan api kecil selama 30 menit hingga keluar sari daun sirih. Keenam, dinginkan daun sirih yang sudah matang lalu saring. Ketujuh, ambil 25 ml ekstrak daun sirih/saring lalu tambahkan 5 ml perasan jeruk nipis dan gel lidah buaya secukupnya. Kedelapan, tambahkan 30ml air matang atau air suling, lalu saring hingga tercampur sempurna, lalu saring kembali. Terakhir, tuangkan hand sanitizer ke dalam botol semprot berukuran 60ml dan gunakan.

Lihat Juga :  Resep Makanan Sehat Untuk Anak Usia 1-3 Tahun Dengan Tinggi Zat Besi

Manfaatkan Daun Sirih Dan Jeruk Nipis, Mahasiswa Kkn Undip Ajarkan Pembuatan Hand Sanitizer Alami Kepada Warga Rt 003 Kelurahan Palebon Halaman 1

Pembersih tangan alami merupakan inovasi yang bertujuan mencegah penyebaran COVID-19. Kami berharap warga Desa Banyardovo, Distrik Gnuk, mampu mencegah penyebaran COVID-19 dan menekan biaya penggunaan hand sanitizer dengan membuat hand sanitizer yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain digunakan secara terpisah, hand sanitizer alami ini juga akan dikemas dan dijual di kemudian hari.

Pelatihan hand sanitizer dilakukan melalui pembagian dan pembagian poster di kalangan ibu-ibu PKK di RW 06 Kelurahan Bandiadovo, Kecamatan Gnuuk, Kota Semarang. Banyumanik, Semarang (04/08/21) – Hand sanitizer menjadi salah satu barang yang banyak digemari masyarakat. masyarakat sejak era pandemi Covid-19. Pasalnya hand sanitizer langsung membunuh bakteri dan virus atau bisa dikatakan sebagai pengganti sabun. Meskipun mencuci tangan lebih efektif membunuh kuman dan bakteri di tangan, orang sering kali memilih pembersih tangan karena mudah dan tidak merepotkan. Bahkan menurut data BPS tahun 2020, penjualan hand sanitizer meningkat 500%. Hand sanitizer yang dijual di pasaran terbuat dari berbagai jenis bahan, namun sebagian besar menggunakan alkohol 70% sebagai bahan utamanya. Hampir semua lapisan masyarakat menggunakan hand sanitizer saat bepergian.

Rumput laut merupakan salah satu bahan laut yang banyak digunakan dalam pangan karena kaya akan vitamin dan karbohidrat. Sifat antioksidan dan antibakterinya bertindak sebagai pengawet alami bila dicampur dengan alkohol 70%. Selain itu, penggunaan alga dalam hand sanitizer dapat melembabkan tangan yang kering akibat konsentrasi alkohol yang tinggi dan penggunaan berlebihan.

Salah satu jenis alga yang dapat digunakan untuk membuat hand sanitizer adalah Kappaphycus alvarezii. Husnul Hotimah (21) melakukan pelatihan produksi hand sanitizer alga di Desa Jabungan sebagai salah satu alternatif untuk mencegah kelangkaan hand sanitizer dan memudahkan warga dalam menyediakan hand sanitizer untuk keperluan pribadi. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

Resep Membuat Hand Sanitizer Rumahan Sesuai Anjuran Who

Tahap pembuatannya sangat sederhana dan tidak memerlukan alat khusus. Berikutnya

Cara pembuatan hand sanitizer alami, cara membuat hand sanitizer sendiri, cara membuat stiker hand sanitizer, cara membuat hand sanitizer gel alami, bahan membuat hand sanitizer alami, cara membuat hand sanitizer pocket, cara membuat larutan hand sanitizer, cara membuat hand sanitizer dari bahan alami, cara membuat hand sanitizer, cara membuat hand sanitizer mudah, cara membuat cairan hand sanitizer, membuat hand sanitizer alami

Itulah informasi mengenai Cara Membuat Hand Sanitizer Alami, mudah-mudahan bisa memenuhi keperluan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *