Silabus Kelas 2 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya Silabus Kelas 2 Semester 2 Tahun 2023 dapat Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Silabus Kelas 2 Semester 2 Revisi Tahun 2022 akan sangat membantu Guru salam menjalani tugas mengajar di kelas. Hal ini dikarenakan Silabus sangat memiliki peranan penting, terutama dalam mengembangkan perangkat pembelajaran kelas 2. Hampir sebagian besar perangkat-perangkat tersebut dibuat dengan mengacu kepada Silabus.

Silabus juga berfungsi untuk mempermudah Guru dalam melihat, mengamati, menganalisa, dan memprediksi proses pembelajaran, sehingga menghasilkan kerangka yang terencana.

Selain itu, Silabus berfungsi sebagai parameter dalam melakukan penelitian keberhasilan suatu program pembelajaran. Maka dari itu Silabus Kurikulum 2013 harus selalu dipersiapkan atau dibuat berdasarkan kebijakan paling baru, dalam hal ini Silabus dibuat berdasar ketentuan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 terkait Standar Proses Sekolah Dasar dan Menengah.

Disamping berperan sebagai acuan dalam pengelolaan dan pengembangan perangkat pembelajaran lainnya, bisa dikatakan bahwa Silabus Kelas 2 ini pun menjadi salah satu dokumentasi tertulis sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran.

Lantas sebenarnya siapa yang diberi kewenangan dalam penyusunan Silabus Kurikulum 2013 ini? Komponen apa saja yang terdapat pada Silabus K13? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan lanjut baca sampai selesai ya.

Komponen-Komponen Silabus Kurikulum 2013

Dari informasi yang saya dapatkan, penyusunan Silabus K13 dapat dibuat oleh Guru meskipun dulu sempat beredar wacana yang mengungkap bahwa pemerintah pusan mengambil alih pembuatan Silabus secara keseluruhan.

Pada pembuatannya, Anda harus memperhatikan beberapa komponen yang harus dimasukkan ke dalam Silabus. Apa saja komponen yang dimaksud? Berikut ini penjelasannya:

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru K13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2
  • Kompetensi Inti, berisikan mata pelajaran yang akan dipelajari siswa.
  • Kompetensi Dasar, mencakup penguasaan siswa secara spesifik dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Indikator Pembelajaran, merupakan formulasi untuk setiap KD.
  • Mata Pelajaran, tentu saja berisikan mata pelajaran sesuai kompetensi.
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik)
  • Penilaian, mencakup aspek/ranah Sikap, Keterampilan dan Pengetahuan.
  • Alokasi Waktu, diisi berdasarkan Jam mengajar mapel tertentu.
  • Sumber Belajar, dapat diambil dari Buku Kurikulum 2013 dan media pendukung lainnya.

Download Silabus Kelas 2 Semester 2

Supaya lebih mudah dalam mempersiapkan Silabus, di sini saya akan bagikan semua format setiap tema yang ada di semester 2. Dengan demikian Guru dapat dengan mudah pula untuk membuat perangkat pembelajaran lainnya seperti Kriteria Ketuntasan Minimal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013, Program Semester, Program Tahunan dan Pemetaan KD.

Silahkan unduh file Silabus Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi terbaru yang telah dipisahkan berdasarkan tema melalui tautan pada tabel di bawah ini:

Silabus Tema 5Download
Silabus Tema 6Download
Silabus Tema 7Download
Silabus Tema 8Download
Sampul SilabusDownload

Note: Dalam kolom KD (Kompetensi Dasar) berisi kompetensi dasar dari 1 hingga 4 kompetensi inti untuk lima mata pelajaran (BI, MM, IPS, IPA, PPKN, SBDP) yang digabung menjadi satu.

Rekomendasi Tujuh Media:

Apabila anda ingin membuat Silabus secara personal silahkan saja, jika ternyata kurang menyanggupinya maka Bapak/Ibu Guru dapat mendiskusikannya bersama Kelompok Kerja Guru.

Kesimpulan

  • Silabus Kurikulum 2013 harus selalu disusun atau dibuat sesuai dengan kebijakan terkini; dalam hal ini silabus dibuat sesuai dengan ketentuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  • Silabus K13 dapat dikatakan sebagai salah satu dokumentasi tertulis sebagai pertanggungjawaban suatu program pembelajaran karena menjadi acuan dalam pengelolaan dan penciptaan sumber belajar lainnya.
Lihat Juga :  Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 Tahun 2022

Itulah informasi tentang Silabus Kelas 2 Semester 2 Tahun 2023, mudah-mudahan dapat memenuhi keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *