Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022

Posted on

Tujuh Media – Pada kesempatan ini Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022 bisa Anda temukan pada artikel ini.

Tujuh Media – Pada halaman ini Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Format Terbaru Revisi 2022 yang terdiri dari Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 akan saya bagikan dalam bentuk .docx (MS. Word) secara lengkap.

Silabus Kelas 2 Semester 1 dan 2 ini merupakan perangkat pembelajaran kelas 2 Kurikulum 2013 yang harus selalu dipersiapkan oleh Guru kelas 2 terutama pada setiap tahun pelajaran akan dimulai.

Mengingat Silabus kelas 2 SD memiliki peran yang sangat penting maka sebaiknya Guru tidak mengabaikannya, meskipun sering dianggap sepele tapi sebaiknya tidak demikian.

Ulasan Silabus Kurikulum 2013

Setiap tahun pelajaran, Silabus kelas 2 harus dipersiapkan untuk membantu Guru dalam menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 lain, misalnya ketika akan membuat RPP 1 Lembar, KKM K13, Program Semester, Pemetaan KD dan beberapa dokumen rencana pembelajaran lainnya.

Dengan demikian Pembelajaran di kelas 2 SD akan lebih terkonsentrasi akibat penyusunan silabus, seperti apa yang harus dipelajari dan jenis kompetensi yang harus dicapai.

Kelompok Permusyawaratan Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Pusat Kegiatan Guru (PKG), Dinas Pendidikan, dan Guru dapat mengembangkan silabus secara tunggal atau berkelompok.

Silabus Kelas 2 SD dapat dibuat dengan menggunakan Buku Kurikulum 2013 pegangan Guru sebagai panduan. Di dalam buku tersebut sudah dicantumkan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Selain itu, memfasilitasi penyusunan rencana pelajaran bagi guru (RPP).

Lihat Juga :  Silabus Kelas 6 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022

Silabus K13 Kelas 2 ini diperlukan agar kepingan-kepingan Kompetensi Inti tersebut dapat disusun secara runtut sesuai dengan filosofi Kurikulum 2013. Namun dalam pembuatannya (oleh Guru secara Mandiri) dikhawatirkan substansi makna dan alur pemikiran akan terputus dari kurikulum baru, oleh karena itu sebaiknya untuk tahap awal lakukan pembuatan Silabus bersama dewan Guru di masing-masing sekolah.

Format dan Komponen Silabus

Ada berbagai macam format Silabus yang bisa digunakan oleh Guru, hampir di setiap tahun formatnya ikut berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat. Saat ini format Silabus Kurikulum 2013 yang digunakan adalah berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.

Adapun komponen Silabus Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pembelajaran
  • Mata Pelajaran yang akan diajarkan
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik)
  • Penilaian
  • Alokasi Waktu
  • Sumber Belajar

Prinsip Pengembangan Silabus

  1. Ilmiah. Dalam arti bahwa isi dan kegiatan umum silabus harus akurat dan dapat diverifikasi secara ilmiah.
  2. Relevan. Sesuai dengan tingkat pertumbuhan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual siswa ditinjau dari ruang lingkup, kedalaman, tingkat kesulitan, dan urutan penyajian materi dalam silabus.
  3. Sistematis. Dalam arti komponen-komponen silabus terintegrasi secara fungsional untuk mencapai kompetensi.
  4. Konsisten. Dalam arti kompetensi inti, indikator, materi pelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memiliki hubungan yang konstan (stabil, berprinsip).
  5. Memadai. Dalam arti indikator, materi pelajaran, pengalaman belajar, bahan ajar, dan mekanisme penilaian cukup untuk memungkinkan penguasaan kompetensi dasar.
  6. Aktual dan konstekstual. Memperhatikan perkembangan terkini ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi dalam hal cakupan indikator, materi topik, pengalaman belajar, dan sistem evaluasi.
  7. Fleksibel. Dalam arti komponen umum silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik dan pendidik, serta dinamika sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh. Dalam arti komponen silabus mencakup seluruh kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
Lihat Juga :  Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1 Tahun 2022

Langkah Pengembangan Silabus Kelas 2

  1. Mengkaji dan menentukan SK dan KI dalam atau Memeriksa dan menetapkan kriteria kompetensi (atau kapabilitas inti).
  2. Mengkaji dan menentukan kompetensi dasar (Menentukan dan menilai kompetensi dasar)
  3. Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran (Putuskan apa yang akan Anda pelajari.)
  4. Mengembangkan kegiatan pembelajaran (Buat kegiatan pendidikan)
  5. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi (Membuat indikator pencapaian kompetensi)
  6. Menentukan jenis penilaian (Tentukan jenis evaluasi yang akan Anda lakukan)
  7. Menentukan alokasi waktu (Tentukan jadwal waktu)
  8. Menentukan sumber belajar (Identifikasi sumber daya pendidikan)

Silabus Kelas 2 Semester 1

Tema Silabus yang bisa anda download untuk pengembangan pembelajaran di semester 1 antara lain:

  • Silabus Kelas II Tema 1 Hidup Rukun.
  • Silabus Kelas II Tema 2 Bermain di Lingkunganku.
  • Silabus Kelas II Tema 3 Tugasku Sehari-hari.
  • Silabus Kelas II Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat.

Download Silabus Kelas 2 Semester 1

Silabus Kelas 2 Semester 2

Sedangkan Silabus yang bisa anda download untuk digunakan pada semester Genap sesuai tema, diantaranya yaitu :

  • Silabus Kelas II Tema 5 Pengalamanku.
  • Silabus Kelas II Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan.
  • Silabus Kelas II Tema 7 Kebersamaan.
  • Silabus Kelas II Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan.

Download Silabus Kelas 2 Semester 2

Perlu dipahami lebih lanjut, sebenarnya apa sih perbedaan antara Silabus dan RPP?

Perbedaan antara Silabus kurikulum 2013 dan RPP K13 adalah jumlah waktu yang dijadwalkan atau dicapai. Silabus menggambarkan pembelajaran selama satu semester, sedangkan RPP membayangkan pembelajaran selama satu sesi tatap muka atau satu bagian dari materi pembelajaran.

Kesimpulan

  • Silabus Kelas 2 semester 1 dan 2 dapat digunakan untuk membantu aspek pembelajaran lainnya, seperti membuat RPP, mengelola kegiatan pembelajaran, dan membuat sistem evaluasi.
  • Ketika akan mengembangkan Silabus, sudah seharusnya Anda mengetahui apa saja prinsip dan langkah apa saja yang harus dilakukan. Jika Anda khawatir Silabus yang dibuat sendiri tidak sesuai dengan kaidah penyusunan, maka sebaiknya Musyawarahkan bersama-sama dewan Guru di sekolah tempat Anda mengajar.
Lihat Juga :  Promes Kelas 5 Semester 2 Tahun 2022

Dicukupkan sekian dulu informasi mengenai Silabus Kelas 2 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022, mudah-mudahan dapat menjawab kebutuhan informasi yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *