Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022 bisa Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Silabus Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022 semester 1 dan 2 terbagi menjadi beberapa tema, setiap semester memiliki temanya masing-masing. Pada halaman ini saya akan bagikan semua format terbarunya yang merupakan pelengkap perangkat pembelajaran kelas 5.

Silabus merupakan salah satu sarana yang memudahkan dalam melaksanakan tugas pokok pengajaran dan pengajaran di sekolah atau perguruan tinggi. Oleh karena itu, sebagai guru, anda harus memahami bagaimana membuat silabus secara otodidak agar tugas pengajaran anda menjadi lebih terarah dan efektif.

Berbagai jenis silabus bisa ditemui, seperti silabus berdasarkan materi maupun silabus pengayaan. Jenis Silabus tersebut berbeda dalam hal pokok pengertian, tujuannya, serta menggambarkan waktu pelaksanaan.

Apa itu Silabus?

Belajar akan menjadi lebih mudah dan memuaskan jika semua materi ajar sudah tersusun rapi dan tidak terabaikan. Menurut K.H. Hasbullah (2004), silabus adalah rencana yang disusun secara sistematis untuk pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Demikian juga halnya dengan penilaian dan penyetaraan yang harus dilakukan. Silabus dapat dinilai sebagai sebuah rancangan yang memberikan petunjuk bagi guru tentang materi yang akan diajarkan, cara mengajarkan, tujuan dan hasil belajar serta metode penilaian.

Bagaimana Cara menyusun Silabus K13?

Pada artikel ini, kami kembali dengan membahas cara membuat silabus K13 yang baik, namun kali ini kami membahas lebih dari 1 cara, karena membuat silabus memang tidak semudah itu. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat silabus, seperti hal-hal berikut ini.

Lihat Juga :  RPP Kelas 2 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023

Silabus K13 kelas 5 SD adalah rencana dan pengaturan yang terorganisir secara sistematis untuk pelaksanaan pembelajaran dan penilaian untuk memperoleh penguasaan kompetensi dasar. Dalam hal ini, kita akan menyasar pada pengertian Silabus sebagai seperangkat rencana dan pengaturan untuk pelaksanaan pembelajaran dan penilaian untuk memperoleh penguasaan kompetensi dasar.

Penyusunan Silabus harus sesuai dengan Komponen-Komponen Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saat ini update terbaru mengenai komponen pembuatan silabus bisa didapat melalui Surat Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 terkait Standar Proses Sekolah Dasar dan Menengah.

Adapun komponen-komponen yang dimaksud antara lain:

  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pembelajaran
  • Mata Pelajaran yang akan diajarkan
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik)
  • Penilaian
  • Alokasi Waktu
  • Sumber Belajar

Peran Silabus dalam pembelajaran?

Silabus merupakan salah satu bahagian yang sangat penting untuk dikemukakan dalam proses pembelajaran dan penilaian karena ia mengandungi seperangkat kompetensi dasar yang akan dicapai oleh peserta didik di kemudian hari. Dengan kata lain, silabus merupakan rencana dan program yang mengandungi seperangkat ciri-ciri tindakan yang perlu dikembangkan oleh peserta didik dalam pembelajaran dan penilaian.

Silabus kelas 5 merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran yang berfungsi untuk mengatur proses pengajaran, melaksanakan penilaian, dan mengendalikan seluruh proses pembelajaran di sekolah. Dengan kata lain, silabus merupakan suatu bahagian penting dalam proses pengajaran yang membantu guru untuk mengatur pembelajaran dan membantu guru untuk memilih alat atau teknik yang tepat bagi pelaksanaan pembelajaran.

Penerapan Silabus Kelas 5 dalam Pembelajaran.

Seperti yang telah kita ketahui, silabus adalah suatu pengaturan dan rencana yang terorganisir secara sistematis untuk memperoleh penguasaan kompetensi dasar (KD). Dalam konteks ini, silabus merupakan seperangkat urutan tahapan yang harus dilalui untuk mencapai KD.

Lihat Juga :  RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 Tahun 2023

Dengan definisi di atas, silabus merupakan suatu perencanaan dan pengaturan yang terorganisir secara sistematis agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran, ditempuh langkah-langkah sebagai berikut: 1. Silabus terdiri atas empat unsur utama, yaitu: a. Subjek/Mata Pelajaran/Sub bidang studi. b. Kompetensi dasar (KD) yang harus dicapai. c. Standar kompetensi lulusan (SKL) yang harus dicapai. d. Indikator pencapaian KD.

Silabus Kelas 5 Semester 1

Ada 5 Tema Silabus di semester ganjil, apa saja nama-nama tema tersebut? Berikut ini rinciannya:

  • Silabus Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia.
  • Silabus Kelas V Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan.
  • Silabus Kelas V Tema 3 Makanan Sehat.
  • Silabus Kelas V Tema 4 Sehat Itu Penting.
  • Silabus Kelas V Tema 5 Ekosistem.

Download Silabus Kelas 5 Semester 1

Silabus Kelas 5 Semester 2

Sedangkan untuk semester genap, judul tema silabus ada 4 diantaranya yaitu :

  • Silabus Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya.
  • Silabus Kelas V Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.
  • Silabus Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.
  • Silabus Kelas V Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita.

Download Silabus Kelas 5 Semester 2

Kesimpulan

  • Perlu dicatat bahwa rangkaian pembelajaran dan penilaian serta penerapan silabus tidak selalu mengincar kompetensi esensial yang sama.
  • Silabus yang dibagikan pada halaman ini dibuat berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.

Itulah informasi mengenai Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022, semoga bisa memenuhi keperluan informasi yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *