Silabus Kelas 5 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Pada kesempatan ini Silabus Kelas 5 Semester 2 Tahun 2023 bisa Anda dapatkan pada artikel ini.

Tujuh Media – Silabus Kelas 5 Semester 2 Revisi Tahun 2022 berfungsi sebagai tolak ukuran dalam pengembangan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 kelas V SD/MI pada semester genap.

Berkas penting yang satu ini sudah harus dipersiapkan sejak awal, sebab Silabus semester 2 Kelas V memuat semua kebutuhan data yang diperlukan ketika Guru akan menyusun Pemetaan KD, Program Semester, Porgram Tahunan, KKM dan RPP 1 Lembar.

Mengingat semester 2 merupakan masa paling penting bagi siswa kelas 5 untuk naik ke tingkat selanjutnya, maka Guru harus ekstra dalam memberikan pembelajaran dan lebih maksimal dalam mempersiapkan semua rencana pembelajaran secara optimal.

Salah satunya yaitu menyusun administrasi pembelajaran yang menjadi induk semang semua perangkat pembelajaran kelas 5, tak lain adalah Silabus. Namun dalam hal ini Anda tidak perlu merasa khawatir sebab saya akan bantu menjelaskan serta memberikan contoh format Silabus sudah jadi secara lengkap untuk semester genap.

Komponen dan Format Silabus K13

Penyusunan Silabus dapat dilakukan oleh para Guru maupun kelompok pegiat pendidikan seperti MGMP, PKG dan Dinas Pendidikan di masing-masing daerah tempat Sekolah berada.

Perangkat pembelajaran silabus memiliki berbagai disiplin ilmu yang akan diajarkan guru, antara lain IPA, IPS, Bahasa Indonesia, SBdP, dan PKn.

Sedangkan pada format silabus terdapat sebuah kolom kompetensi dasar berasal dari Pemetaan KD Kelas 5 Semester 2 yang meliputi empat komponen utama pendidikan, yaitu kompetensi sosial dan spiritual keagamaan, serta bagian dari pengetahuan dan kemampuan siswa yang direncanakan melalui kegiatan 4C, Literasi, dan HOTS.

Lihat Juga :  Pemetaan KD Kelas 2 Semester 1 Tahun 2022

Setiap pendidikan bertanggung jawab untuk membuat Silabus Kurikulum 2013. Satuan pendidikan diberi kebebasan untuk merencanakan kurikulum sesuai dengan kondisi dan kebutuhan satuan pendidikan setempat.

Silabus kurikuler 2013 harus ditulis dalam struktur dan penyajian yang mudah dipahami sehingga instruktur dapat dengan mudah memahami dan mengimplementasikannya. Formatnya telah disederhanakan untuk membuat presentasi lebih efisien (halaman lebih sedikit), tetapi ruang lingkup dan substansi tidak diturunkan.

Komponen Silabus Kurikulum 2013

Silabus memiliki arti sebagai rencana pembelajaran suatu mata pelajaran yang meliputi Materi Pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar, menurut Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah/Madrasah.

Ketika Anda akan menyusun Silabus kelas 5 Semester 2, maka harus memasukkan berdasarkan komponen-komponen berikut ini:

  • Indikator Pembelajaran,
  • Kompetensi Inti,
  • Kompetensi Dasar,
  • Mata Pelajaran,
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik),
  • Penilaian Pembelajaran,
  • Alokasi Waktu,
  • Sumber Belajar,

Silabus Kelas 5 Semester 2 dan 1 menguraikan poin-poin program yang harus dipenuhi dalam setiap mata pelajaran. Silabus K13 berisi aturan atau acuan untuk mengembangkan pembelajaran lebih lanjut, seperti perencanaan pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar, dan pembuatan sistem penilaian.

Salah satu manfaat lain dari Silabus K13 kelas 5 Semester adalah dijadikan dokumen tertulis yang dapat digunakan untuk meminta pertanggungjawaban program pembelajaran. Silabus berfungsi sebagai tolok ukur untuk menilai apakah suatu program pembelajaran berhasil atau gagal.

Download Silabus Kelas 5 Semester 2

Anda bisa mengunduh semua contoh format Silabus Kelas 5 untuk Semester Genap yang sudah disediakan pada tabel di bawah. Setiap Silabus terpisah berdasarkan nama masing-masing tema, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan kegiatan belajar mengajar di Sekolah.

Silabus Tema 6Download
Silabus Tema 7Download
Silabus Tema 8Download
Silabus Tema 9Download
SampulDownload

Setelah berharis menguduh sebaiknya lakukan pemeriksaan dan pengembangan. Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memeriksa standar kompetensi atau kompetensi inti sebagaimana ditunjukkan dalam standar isi:

Lihat Juga :  RPP 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 Tahun 2023
  • Urutan dalam standar isi tidak selalu harus sesuai dengan urutan ide hierarki disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi.
  • Keterkaitan antara standar kompetensi khusus mata pelajaran dan kompetensi dasar.

Rekomendasi Pelengkap:

Apakah semua informasi yang disampaikan di atas sudah cukup menjawab kebutuhkan Bapak dan Ibu Guru kelas 5 terkait Silabus Kurikulum revisi terbaru? Mudah-mudahan cukup ya.

Kesimpulan

  • Pengajar harus mampu memahami dan mengimplementasikan silabus Kurikulum 2013 jika disusun dalam struktur dan penyajian yang mudah dipahami.
  • Poin-poin program yang harus dipenuhi pada setiap mata kuliah dituangkan dalam Silabus Kelas 5 Semester 2 dan 1.
  • Silabus K13 Semester 5 juga memiliki keunggulan sebagai dokumen tertulis yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga tanggung jawab program pembelajaran.

Dicukupkan sekian dulu informasi tentang Silabus Kelas 5 Semester 2 Tahun 2023, semoga dapat menjawab keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *