Silabus Kelas 6 Semester 1 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya Silabus Kelas 6 Semester 1 Tahun 2023 bisa Anda ketahui pada tulisan ini.

Tujuh Media – Mempersiapkan Silabus Kelas 6 Semester 1 Revisi Tahun 2022 sudah menjadi sebuah keharusan bagi setiap Guru maupun instansi Sekolah. Tujuan dari penyusunan Silabus Kurikulum 2013 tersebut adalah bentuk konseptual rencana pelaksanaan pembelajaran.

Hampir semua perangkat pembelajaran kelas 6 mengacu kepada Silabus, secara garis besar komponen-komponen yang dibutuhkan dalam menyusun dan mengembangkan perangkat pembelajaran lain seperti KKM, RPP 1 Lembar, Program Semester, Pemetaan Kompetensi Dasar diambil dari Silabus.

Silabus Kelas 6 Semester 1 dapat dibuat oleh Anda sebagai Guru kelas 6 atau bisa juga dibuat oleh MGMP, PKG, bahkan Dinas Pendidikan dimana sekolah tempat mengajar berada.

Secara umum Silabus K13 Kelas 6 Semester 1 berisi aturan atau acuan untuk mengembangkan pembelajaran lebih lanjut, seperti perencanaan pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar, dan pembuatan sistem penilaian.

Silabus kelas 6 tersebut menguraikan poin-poin program yang harus dipenuhi dalam setiap mata pelajaran. Silabus berfungsi sebagai tolok ukur untuk menilai apakah suatu program pembelajaran berhasil atau gagal. Silabus adalah dokumen tertulis yang dapat digunakan untuk meminta pertanggungjawaban program pembelajaran.

Apa saja Komponen Silabus K13?

Berdasarkan Surat Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, penyusunan Silabus dilakukan berdasarkan beberapa komponen seperti melkukan Identifikasi mata pelajaran pada semua jenjang pendidikan memuat nama mata pelajaran, jenjang sekolah, dan kelas per semester.

Kompetensi inti adalah definisi kategoris dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus diperoleh siswa agar berhasil di sekolah, kelas, atau mata pelajaran umum.

Lihat Juga :  KKM Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022

Pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran guna memperoleh kompetensi yang diinginkan. Penilaian adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data untuk menilai apakah siswa telah memenuhi tujuan pembelajarannya atau belum.

Untuk satu semester atau satu tahun, waktu dialokasikan berdasarkan jumlah jam pengajaran dalam struktur kurikulum. Buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, dan bahan pembelajaran aplikatif lainnya merupakan contoh sumber belajar.

Berikut ini daftar komponen Silabus K-13:

  • Kompetensi Inti,
  • Kompetensi Dasar,
  • Indikator Pembelajaran,
  • Mata Pelajaran,
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik),
  • Penilaian Pembelajaran,
  • Alokasi Waktu,
  • Sumber Belajar,

Download Silabus Kelas 6 Semester 1

Format silabus adalah suatu metode penyajian isi silabus yang terdiri dari komponen-komponen silabus yang disusun sesuai dengan persyaratan kompetensi. Pada bagian ini Anda sudah bisa mendownload semua Silabus berdasarkan nama masing-masing tema di semester 2.

Silabus Tema 1Download
Silabus Tema 2Download
Silabus Tema 3Download
Silabus Tema 4Download
Silabus Tema 5Download
SampulDownload

Jika diperlukan, Anda dapat edit untuk mengubah data-data sekolah yang masih kosong. Selain itu, silahkan kembangkan Silabus yang sudah saya bagikan pada tabel di atas. Namun perlu diperhatikan, ketika mengembangkannya anda harus mengetahui prinsip dasarnya seperti:

Untuk mencapai kompetensi, komponen silabus harus terintegrasi secara fungsional. Dalam arti bahwa kompetensi inti, indikator, isi mata pelajaran, pengalaman belajar, materi pembelajaran, dan metode penilaian semuanya memiliki hubungan yang konstan (stabil, berprinsip).

Kemudian, fleksibel dalam arti komponen umum silabus dapat mengakomodasi keragaman siswa dan pendidik, serta dinamika sekolah dan harapan masyarakat. Komponen kurikulum bersifat komprehensif dalam arti mencakup seluruh bidang keahlian (kognitif, afektif, psikomotorik).

Segera lengkapi dengan:

Kesimpulan

  • Secara umum, silabus K13 Kelas 6 Semester 1 memberikan pedoman atau acuan untuk mendorong pengembangan pembelajaran, seperti perencanaan pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar, dan pembangunan sistem penilaian.
  • Silabus K13 merupakan dokumen tertulis yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa program pendidikan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Silabus sebagai tolak ukur untuk menentukan suatu program pembelajaran berhasil atau tidak.
Lihat Juga :  Promes Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 K13 Tahun 2023

Demikian artikel tentang Silabus Kelas 6 Semester 1 Tahun 2023, mudah-mudahan bisa menjawab keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *