Silabus Kelas 1 Semester 1 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya Silabus Kelas 1 Semester 1 Tahun 2023 bisa Anda ketahui pada tulisan ini.

Tujuh Media – Silabus Kelas 1 Semester 1 Revisi Tahun 2022 merupakan salah satu pendukung perangkat pembelajaran kelas 1 SD Kurikulum 2013 yang memuat komponen saling berkaitan antara pengaturan pelaksanaan pembelajaran dengan indikator kompetensi untuk penilaian.

Silabus K13 adalah rencana pembelajaran yang memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, mata pelajaran/materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar untuk mata pelajaran dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu. .

Secara umum, Silabus kelas 1 Kurikulum 2013 berfungsi sebagai acuan produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang akan dicapai, serta pokok-pokok dan uraian materi yang harus dipelajari siswa dalam rangka memenuhi standar kompetensi dan kemampuan dasar.

Dari sisi guru, silabus dapat digunakan sebagai titik tolak untuk mengkonstruksi alat bantu belajar tambahan, seperti perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan penilaian.

Komponen Silabus Kurikulum 2013

Ketika Anda akan menyusun Silabus Kelas 1 Semester 1, pastikan untuk menyesuaikan dengan komponen secara tepat. Apa saja komponen Silabus Kurikulum 2013 saat ini? Berikut ini beberapa komponen tersebut :

  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pembelajaran
  • Mata Pelajaran yang akan diajarkan
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik)
  • Penilaian
  • Alokasi Waktu
  • Sumber Belajar

Untuk mengisi setiap komponen, Guru dapat menemukannya dari beberapa data pendukung misalnya seperti Buku Guru Kurikulum 2013. Semua data yang dibutuhkan seperti Nama tema, Subtema, Tujuan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran sudah ada di dalam Buku K13.

Lihat Juga :  Prota Revisi 2023 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD

Download Silabus Kelas 1 Semester 1

Sebenarnya Guru dapat membuat kurikulum sendiri berdasarkan kebutuhan dan keadaan masing-masing satuan pendidikan. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa guru memiliki kendali penuh atas silabus, yang dapat diperluas atau dikembangkan sesuai kebutuhan. Namun hal tersebut harus dilakukan berdasarkan berpedoman pada kurikulum dan konsep pengembangan yang berlaku dalam pelaksanaannya.

Pada halaman ini saya akan bagikan format Silabus Kelas 1 Semester 1 versi revisi terbaru yang telah disesuaikan dengan peraturan Permendikbud saat ini. Silahkan unduh filenya :

Silabus Tema 1Download
Silabus Tema 2Download
Silabus Tema 3Download
Silabus Tema 4Download
Sampul SilabusDownload

Perlu anda diketahui, total jumlah jam yang dihabiskan untuk pengajaran tematik per minggu adalah 26 jam. Alokasi waktu belajar untuk setiap kelas tematik pengajaran tatap muka, satu minggu pelajaran biasanya 30 jam. Namun pada mata pelajaran Agama, yang diajarkan secara terpisah dengan alokasi waktu mingguan berjumlah 4 jam.

Dapatkan juga:

Kesimpulan

  • Silabus dapat digunakan sebagai titik awal untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, seperti perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan penilaian. Jumlah jam yang dihabiskan untuk pengajaran tematik per minggu adalah 26 jam.
  • Alokasi waktu belajar untuk setiap kelas tematik pengajaran tatap muka, satu minggu pelajaran biasanya 30 jam.
  • Namun, pada mata pelajaran Agama, yang diajarkan secara terpisah dengan alokasi waktu mingguan 4 jam.
  • Silabus saat ini mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 terkait Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dicukupkan sekian dulu artikel tentang Silabus Kelas 1 Semester 1 Tahun 2023, mudah-mudahan dapat menjawab keperluan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *