Silabus Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Kali ini Silabus Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023 bisa Anda dapatkan pada tulisan ini.

Tujuh Media -Silabus Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2022 berguna sebagai tolak ukur dalam membuat dan mengembangkan rencana Pembelajaran. Bisa juga dikatakan sebagai garis besar rencana pelaksanana pembelajaran.

Hampir setiap perangkat pembelajaran kelas 1 yang dibuat, semuanya mengacu kepada silabus. Seperti yang telah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya yaitu mengenai prosedur penyusunan RPP 1 Lembar diharuskan mengaacu kepada Silabus.

Silabus Kurikulum 2013 berfungsi sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang akan dicapai, serta pokok-pokok dan uraian materi yang harus dipelajari siswa dalam rangka memenuhi standar kompetensi dan kemampuan dasar.

Jika anda akan membuat sebuah Silabus Kelas 1 maka pastikan untuk memasukkan beberapa komponen dalam penyususnannya. Selain itu pembuatan Silabus Kurikulum 2013 ini sebaiknya lebih disesuaikan dengan literasi abad – 21, PPK, 4C, HOTS dan Numerasi.

Komponen Silabus K13

Berdasarkan kebijakan Permendikbud Nomo 22 Tahun 2022 yang membahas tentang Standar Proses Sekolah Dasar dan Menengah, Silabus dibuat berdasarkan beberapa komponen penting seperti berikut ini :

  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Indikator Pembelajaran
  • Mata Pelajaran
  • Materi Pokok Bidang Studi (tematik)
  • Penilaian
  • Alokasi Waktu
  • Sumber Belajar

Bagi anda yang kurang memahami mengisikan data-data dalam pembuatan Silabus, maka silahkan merujuk ke Buku Kurikulum 2013 versi terbaru. Di sana sudah ada beberapa data penting yang akan dicantumkan, misalnya nama tema, subtema sesuai mata pelajaran, kompetensi dasar, kompetensi Inti dan Tujuan pembelejaran yang harus dicapai.

Lihat Juga :  Silabus Kelas 3 Semester 2 Tahun 2023

Download Silabus Kelas 1 Semester 2

Sebagai Guru profesional mempersiapkan perangkat pembelajaran secara lengkap adalah tugas yang wajib dilakukan. Dengan adanya perangkat pembelajaran yang sangat lengkap, pengembangan perangkat dan pelaksanaan kegiatan belajar mengjar dapat dilaksanakan secara maksimal.

Biasanya Guru menyusun Silabus Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 melalui rapat dewan guru atau kelompok kerja guru yang diadakan di seluruh sekolah. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mesin administrasi sejalan dengan situasi saat ini di lapangan.

Beberapa model Silabus telah disediakan oleh Pusat Kurikulum dan Buku. Hasilnya, model tersebut dapat digunakan untuk membantu membuat perencanaan terbaik untuk setiap institusi.

Sebagai salah satu referensi dalam pembuatannya, pada bagian ini saya berikan contoh formatnya. Silahkan didownload berdasarkan nama tema yang dibutuhkan:

Silabus Tema 5Download
Silabus Tema 6Download
Silabus Tema 7Download
Silabus Tema 8Download
Sampul SilabusDownload

Sebaiknya Bapak/Ibu Guru periksa kembali Silabusnya, selain itu anda juga bisa mengedit semua file Silabus Kelas 1 Semester 2 tersebut untuk mengembangkan atau melengkapinya dengan tujuan menyesuaikan dengan kondisi di masing-masing sekolah.

Rekomendasi :

Karena tujuan utama pendidik adalah merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi teknik mengajar, maka guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan mengajar memiliki kompetensi yang menentukan prestasi belajar. Anda harus menyusun perancanaan proses Belajar Mengajar (PBL) yang mencakup pertukaran pembelajaran sebagai guru.

Kesimpulan

  • Meskipun format Silabus Kurikulum 2013 sudah banyak dibagikan di internet bahkan disediakan oleh setiap Instansi Pendidikan, tetapi dengna adanya banyak pilihan sebagai referensi maka seharusnya dapat memunculkan ide-ide lebih maju untuk mengembangkannya.
  • Untuk menyusun Silabus, ambil data untuk mengisi setiap komponen dari Buku Kurikulum 2013.
Lihat Juga :  Soal PTS Kelas 5 Semester 2 Tahun 2023 & Kunci Jawaban

Demikian artikel mengenai Silabus Kelas 1 Semester 2 Tahun 2023, mudah-mudahan bisa menjawab keperluan info yang Anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *