RPP Kelas 2 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Kali ini RPP Kelas 2 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023 bisa Anda dapatkan pada tulisan ini.

Tujuhmedia.com – RPP kelas 2 tema 6 semester 2 revisi tahun 2022 yang membahas materi merawat hewan dan tumbuhan ini merupakan salah satu tema pembelajaran kurikulum 2013 di semester genap.

Apakah anda sudah memilikinya? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 tema 6 kelas 2 SD/Mi yang akan saya bagian di sini sudah mengalami penyederhanaan sesuai Surat Edaran Peraturan pembuatan RPP No. 14 Tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Kemdikbud.

Mengingat Guru sebagai fasilitator dan harus berorientasikan terhadap siswa, maka menyediakan perangkat pembelajaran kelas 2 yang diantaranya yaitu RPP K13 harus selalu diperhatikan. Jangan sampai anda berleha-leha segeralah membuatnya.

Jika tidak, anda pasti akan merasakan sendiri bagaimana rasanya mengajar di kelas tanpa menggunakan RPP K13. Mungkin akan terdengar biasa saja dan anda pasti bisa melakukannya, namun jika hal tersebut dibarengi dengan tuntutan supaya hasil pembelajaran dapat mencapai tujuan yang tepat tentu saja itu menjadi hal yang cukup merepotkan.

Kegiatan belajar mengajar tanpa didukung oleh prosedur yang benar tentu saja hanya akan membuat kegiatan tersebut malah berantakan. Oleh karena itulah, kenapa RPP K13 ini sangat direkomendasikan kepada setiap tenaga pengajar supaya senantiasa selalu menyediakannya sebelum tugas mengajar siswa dilakukan.

Ulasan RPP Kelas 2 Tema 6 Format 1 Lembar

Konsep penyusunan pada RPP Kurikulum 2013 berdasarkan Surat Edara No. 14 terkait penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, RPP ini disusun berdasarkan 3 komponen utama, diantaranya yaitu TUjuan Pembelajaran, Kegiatan dan Penilaian (Asesmen).

Tujuan dari penyederhanaan ini tak lain adalah supaya Guru lebih mudah dalam menyusun RPP. Ya benar, dengan tiga komponen inti tersebut RPP dapat dibuat menjadi hanya 1 lembar saja. Meskipun pada kenyataannya lebih sedikit sebab Guru pun harus menambahkan lampiran. Jelasnya, kini RPP tidak perlu dibuat sampai berlembar-lembar bahkan sampai belasan hingga puluahan.

Lihat Juga :  Silabus Kelas 5 Kurikulum 2013 Format Terbaru Revisi 2022

Efisiensi waktu dan tenaga , serta efektifitas dalam penggunaan RPP Kelas 2 tema 6 ini akan sangat terasa setelah anda menggunakan format 1 lembar. Jika anda bukan seorang Guru pengguna RPP 1 lembar tersebut dan ingin coba menggunakannya, maka pada halaman ini saya akan bagikan contoh yang sudah jadi.

Download RPP Kelas 2 Tema 6

Terdapat beberapa subtema yang bisa anda dapatkan melalui file yang akan diunduh pada halaman ini. Untuk nama-namanya silahkan pastikan terlebih dahulu guna menghindari materi subtema yang keliru. Lihat semua subtema di bawah ini!

Tema 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan;
Subtema 1. Hewan di Sekitarku;
Subtema 2. Merawat Hewan;
Subtema 3. Tumbuhan di Sekitarku;
Subtema 4. Merawat Tumbuhan;

Perlu diketahui, di dalam setiap subtema juga dibagi lagi menjadi beberapa pertemuan pembelajaran, jadi untuk menyampaikan dan menyelesaikan tema 6 ini sudah diatur sesuai pembelajaran pada setiap pertemuannya. Supaya anda lebih mudah mendownloadnya, saya sertakan 1 file yang di dalamnya mencakup semua subtema. Download di sini:

RPP tema 6 kelas 2 – Download

Tidak lupa selalu mengingatkan Bapak dan Ibu Guru untuk memeriksa dokumen tersebut setelah berhasil mengunduhnya. Periksalah dengan seksama guna menghindari isi RPP yang salah satau keliru.

Pelengkap :

Rekomendasi Tujuhmedia:

Kesimpulan

Gunakanlah RPP Kurikulum 2013 yang sudah biasa anda pergunakan sebagia pedoman mengajar para peserta didik di sekolah. Mau itu berdasarkan 13 komponen atau 3 komponen, anda bebas memilih dan mengembangkannya.

Jika setelah materi pelajaran berhasil disampikan maka segeralah untuk melakukan penilaian. berikan pengayaan kepada siswa yang telah mampu mencapai kompetensi, dan lakukanlah remedial kepada siswa yang belum mampu mencapainya.

Lihat Juga :  RPP Kelas 5 Tema 7 Semester 2 Tahun 2023

Itulah artikel mengenai RPP Kelas 2 Tema 6 Semester 2 Tahun 2023, semoga bisa menjawab keperluan informasi yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *