RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 Tahun 2023

Posted on

Tujuh Media – Kali ini RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 Tahun 2023 bisa Anda ketahui pada tulisan ini.

Tujuhmedia.com – Sama seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran lainnya, RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 hasil revisi 2022 2023 ini berfungsi sebagai pedoman dan alat untuk Guru mengajar di kelas II Sekolah Dasar dan menjadi salah satu komponen melengkapi perangkat pembelajaran kelas 2.

Penggunaan RPP Kelas 2 Semester genap dapat membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih teratur dan terprosedur. Setiap materi yang diajarkan kepada siswa sudah disesuaikan berdasarkan tema dan subtema pembelajaran pada periode atau pertemuan tertentu.

Tidak hanya itu saja, pada RPP Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 semester II ini di dalamnya terdapat susunan kegiatan secara rinci menggambarkan apa saja yang harus dilakukan Guru ketika mengajar para siswanya.

Meskipun dapat dibuat secara bebas baik itu oleh pribadi maupun bersama-sama Kelompok kerja Guru, RPP K13 Kelas 2 Semester 2 ini harus berpedoman pada Silabus. Sebab tujuan pembelajaran, materi setiap tema ada di dalamya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Silabus revisi terbaru.

Dalam pembuatannya silabus disusun melalui hasil analisa SKL, KI dan KD, setelah semua didapati hasil barulah dibuatkan Silabus dan dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dari hal tersebut dapat kita lihat bahwa RPP harus disusun berdasarkan Silabus.

RPP Kurikulum 2013 dibuat berdasarkan Tiga Belas (13) Komponen, namun saat ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran terkait penyederhanaan RPP K13. Mau tahu seperti apa penjelasannya? Yuk, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Ulasan RPP 1 Lembar (Penyederhanaan)

Pada surat edaran Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 terdeapat ketentuan baru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. Pada awalnya RPP K13 dibuat dengan menggunakan 13 komponen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pun bisa berjumlah begitu banyak halaman bahkan bisa smapi belajasan halaman.

Naum setelah adanya kebijakan baru sesuai Permendikbud no 14, maka RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 kini dibuat hanya menggunakan 3 komponen inti saja. Alhasil, setelah dibuat jumlah lembar RPP jadi tidak begitu banyak bahkan bisa sampai 1 lembar saja.

Jika kita perhatikan dari 13 komponen menjadi 3 komponen, mungkin dalam benak semua rekan Guru berpikir bahwa ada banyak hal yang dihilangkan dan kualitas dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pun ikut menurun. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu !

Meskipun demikian, RPP 1 Lembar kelas 2 semester 2 tetap dalam porsinya, seperti masih terintegrasi dengan literasi abad 21, HOTS, PPK dan 4C. Justru kini RPP dapat dibuat dengan cepat sebab hanya menerapkan 3 komponen penting saja. Bukan berarti penggunaan 13 komponen tidak penting, hal ini dilakukan dengan tujuan demi efisiensi waktu dan tenaga, tetap efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

Komponen RPP 1 Lembar

Dari tadi kita terus membicarakan RPP 1 lembar yang dibuat dengan 3 komponen, namun saya belum sempat menyebutkannya satu persatu. Apa saja komponen tersebut? Berikut ini penjelasannya:

1. Tujuan Pembelajaran

Sama halnya dengan RPP format sebelumnya, Tujuan pembelajaran berisikan tentang apa yang harus dicapai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tujuan pembelajaran ini pun harus disampikan oleh Guru kepada siswa supaya mereka mengetahui tujuan dari pembelajaran yang akan ditempuhnya.

2. Kegiatan Pembelajaran

Pada kegiatan pembelajaran berisikan Pembukaan misalnya seperti ucapan salam, doa dan sedikit memberikan stimulus materi yang akan diajarkan.

Lihat Juga :  Jurnal Harian Guru Kelas 4 Semester 1 dan 2 Revisi 2023

3. Penilaian Pembelajaran

Penilaian pembelajaran dilakukan berdasarkan beberapa ranah, diantaranya seperti :

  • Sikap Keterampilan
    Penilaian untuk mengetahui perilaku peserta didik, Guru dapat mengetahuinya melalui Pengamatan dan Observasi.
  • Pengetahuan
    Menilai siswa terhadap penguasaan materi pelajaran yang disampaikan sangatlah penting, penilaian ini bisa dilakukan dengan cara memberikan tes lisan, tulisan dan penugasan.
  • Keterampilan
    Sedangkan untuk menilai keterampilan yang bertujuan mengetahui sejauh mana siswa dapat menerapkan pengetahuannya dalam melaksanakan tugas. Penilaian ini bisa dilakukan dengan memberikan tugas praktik, produk, portofolio dan proyek.

Daftar Tema kelas 2 Semester 2

Setelah kita mengetahui beberapa ulasan terkiat dengan fungsi, prinsif dan kebijakan baru terkiat penyederhanaan RPP Kurikulum 2013, sekarang saatnya anda mengetahui apa saja Tema dan Subtema yang ada di kelas 2 semester 2 ini. Pada semester genap terdapat 4 tema, masing-masing memiliki subtema. Lebih jelasnya silahkan lihat tabel yang telah saya sediakan berikut ini!

Tema 5. Pengalamanku;
Subtema 1. Pengalamanku di Rumah;
Subtema 2. Pengalamanku di Sekolah;
Subtema 3. Pengalamanku di Tempat Bermain;
Subtema 4. Pengalamanku di Tempat Wisata;
Tema 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan;
Subtema 1. Hewan di Sekitarku;
Subtema 2. Merawat Hewan;
Subtema 3. Tumbuhan di Sekitarku;
Subtema 4. Merawat Tumbuhan;
Tema 7. Kebersamaan;
Subtema 1. Kebersamaan di Rumah;
Subtema 2. Kebersamaan di Sekolah;
Subtema 3. Kebersamaan di Tempat Bermain;
Subtema 4. Kebersamaan di Tempat Wisata;
Tema 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan;
Subtema 1. Aturan Keselamatan di Rumah;
Subtema 2. Menjaga Keselamatan di Rumah;
Subtema 3. Aturan Keselamatan di Perjalanan;
Subtema 4. Menjaga Keselamatan di Perjalanan;

Download RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 Tahun 2022

Meskipun anda mungkin saja bisa membuatnya sendiri bahkan sudah memilikinya, namun tidak menjadi sebuah halangan bagi saya untuk membagikan contoh format hasil revisi terbaru. Silahkan unduh RPP K13 1 halaman berikut sesuai tema yang dibutuhkan :

Lihat Juga :  Promes Kelas 4 Semester 2 Tahun 2022
RPP Kelas 2 tema 5
RPP Kelas 2 tema 6
RPP Kelas 2 tema 7
RPP Kelas 2 tema 8

Setelah mendownloadnya, saya sarankan supaya Bapak maupun Ibu Guru segera melakukan pemeriksaaan isi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 format 1 lembar tersebut. Segera perbaharui dan kembangkan jika dirasa hal itu perlu dilakukan.

Kesimpulan

Secara garis besar, penyederhanaan RPP K13 Kelas 2 semester 2 menjadi format satu lembar akan jauh lebih efisien dengan menggunakan 3 komponen seperti tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian sebagai acuan dasar. RPP yang berhasil dibuat tidak akan membuat para Guru kebingungan ketika sedang melaksanakan pengajaran kepada para siswa di kelasnya.

Rekomendasi kelas 2 :

  • RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 1

Rekomendasi kelas lain :

Itulah artikel tentang RPP 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 Tahun 2023, semoga dapat memenuhi keperluan informasi yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *