KKM Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022

Posted on

Tujuh Media – Meneruskan pembahasan sebelumnya KKM Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022 dapat Anda temukan pada tulisan ini.

Tujuh Media – Melanjutkan sesi kemarin, sekarang sudah waktunya saya bagikan KKM Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022 dalam rangka membantu semua Guru yang sedang butuh contoh format untuk melengkapi perangkat pembelajaran kelas 4.

Kriteria keberhasilan minimal (KKM) merupakan standar yang ditetapkan untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Anda dapat mengetahui secara jelas aturan-aturan yang harus ada pada KKM dengan memahami Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

KKM Kelas 4 merupakan kriteria keberhasilan minimal yang ditetapkan pemerintah untuk mengukur ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

Dengan mengetahui KKM, dapat dipastikan apakah setiap peserta didik telah terbebas dari gangguan belajar, dapat menyesuaikan kemampuan peserta didik dengan kompetensi yang dituntut, dapat mengetahui kemampuan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang dituntut, dan dapat menentukan kriteria penilaian yang tepat.

Ketuntasan belajar adalah tingkat keberhasilan peserta didik dalam belajar, yang membuat peserta didik dapat mengetahui apakah peserta didik telah mencapai nilai minimal atau belum.

Pengertian KKM

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan kriteria dasar untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan standar dasar yang diperlukan untuk mengukur tingkat ketuntasan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

Dengan adanya KKM K13 Kelas 4, akan lebih mudah untuk menilai dan mengevaluasi keberhasilan proses belajar mengajar.

Lihat Juga :  KKM Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022

Kriteria Ketuntasan Minimal adalah kriteria yang belum pernah ditetapkan oleh pemerintah yang mencakup empat hal, yaitu: (1) kriteria pencapaian hasil belajar sesuai dengan Kompetensi Lulusan, (2) kriteria belajar mengajar, (3) kriteria kewaspadaan, dan (4) kriteria penilaian.

Langkah-Langkah Menyusun KKM Kelas 4

  • KKM sebaiknya dibuat setiap awal tahun pelajaran akan dimulai.
  • Susunlah KKM bersama Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
  • Angka 0 hingga 100 dijadikan sebagai pernyataan Nilai KKM.
  • Nilai maksimal ketuntasan belajar dinyatakan dengan angka 100.
  • Pihak sekolah mempunya wewenang untuk menurunkan nilai ketuntasan maksimal belajar.
  • Pada Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) nilai KKM dicantumkan.

KKM tidak sama dengan Nilai Rata-rata!

Apakah KKM Kelas 4 SD sama dengan nilai rata-rata? Jawabannya adalah tidak sama. Berikut ini beberapa poin pembedanya :

  • Nilai rata-rata tidak sama dengan KKM.
  • Nilai KKM merupakan nilai terendah atau standar minimal yang harus dipenuhi siswa agar dapat menyelesaikan proses pembelajaran.
  • KKM ditentukan secara objektif bukan berdasarkan dugaan.
  • Tidak perlu dibandingkan dengan nilai rata-rata karena KKM tidak perlu terlalu tinggi atau terlalu rendah; yang penting ideal, artinya hampir semua siswa bisa melebihinya.
  • KKM yang ideal cukup membantu dalam menentukan mengapa siswa tidak mampu menyelesaikan proses pembelajaran.

Fungsi KKM

  • Guru dapat menilai keterampilan dasar siswa dari tema-tema yang telah diajarkan.
  • KKM dapat dijadikan sebagai prosedur dalam membantu peserta didik untuk mempersiapkan diri ketika akan menghadapi ujian akademi.
  • Guru menentukan nilai KKM Kelas 4 SD untuk setiap kompetensi dasar (KD) berdasarkan desain indikator untuk setiap mata pelajaran.
  • KKM merupakan komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran di sekolah.
  • KKM berfungsi sebagai kesepakatan pedagogis antara guru dan siswa, serta antara unit pengajaran dan Orang Tua murid.
Lihat Juga :  Prota Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2022

Download KKM Kelas 4

Bagi Anda yang belum memiliki berkas Kriteria Ketuntasan Minimal, kebetulan pada halaman ini say akan bagikan contoh KKM sudah jadi dan bisa digunakan sebagai bahan referensi penyusunan atau langsung digunakan.

KKM Kelas 4 Semester 1 dan 2Unduh
SampulUnduh

Lakukan pengecekan berulang untuk memastikan isi dari format KKM yang saya bagikan benar-benar sudah memenuhi standar kebutuhan di masing-masing sekolah tempat Anda mengajar.

Rekomendasi KKM Kelas lainnya:

Kesimpulan

  • KKM dapat membantu Guru mengetahui apakah setiap peserta didik telah terbebas dari gangguan belajar, dapat menyesuaikan kemampuan peserta didik dengan kompetensi yang dituntut.
  • Guru akan lebih mudah untuk menilai dan mengevaluasi keberhasilan proses belajar mengajar.
  • KKM ditentukan secara objektif bukan berdasarkan dugaan.

Dicukupkan sekian dulu artikel tentang KKM Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2022, semoga bisa memenuhi keperluan info yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *